Perolehan Emas Solok Selatan Lebihi Tahun Lalu

id porprov sumbar

Perolehan Emas Solok Selatan Lebihi Tahun Lalu

Ketua Komite Olahraga nasional Indonesia (KONI) Solok Selatan Mario Syahjohan (kiri) menyerahkan bonus kejutan kepada atlet peraih medali emas wushu Wahyu Krismanto usai pertandingan di Asrama Haji Padang, Kamis. (Humas KONI Solok Selatan)

Padang, (Antara Sumbar) - Kontingen Kabupaten Solok Selatan hingga hari keenam pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat telah meraih sembilan medali emas. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang hanya mampu meraih delapan emas hingga hari terakhir.

Dari sembilan medali emas tersebut, kata Ketua KONI Solok Selatan Mario Syahjohan di Padang, Kamis, tujuh didapat dari cabang wushu.

Kemudian panahan dan atletik masing-masing dua keping, angkat berat masing-masing satu medali.

Peraih medali emas cabang wushu Wahyu Prima Putra di kelas 48 kg junior putra yang berhasil mengalahkan atlet Mentawai. Wahyu Krismanto difinal mengalahkan atlet Payakumbu di kelas 52 kg junior putra.

Cabang wushu pada Kamis mendapatkan 11 medali yang terdiri atas dua emas, lima perak serta empat perunggu.

Sedangkan di cabang panahan dua medali emas kelas 50 meter putra oleh Febriandi Thomas dan 40 meter putra diraih Suroso.

Cabang atletik diraih pada kelas lari 1.500 meter putra oleh Khairullah dan lompat jauh putra Agus Hari Kusuma sedangkan pada angkat berat didapat oleh Beni Nofendri kelas Bad Press.

Atlet angkat berat Solok Selatan berhasil mengangkat beban seberat 192,5 kg jenis "bad press" yang disusul atlet asal Mentawai, Robinson diperingkat kedua dengan beban 182,5 kg serta atlet Kabupaten Limapuluh Kota di posisi ketiga atas nama Ferry Z dengan beban yang berhasil di angkat 180 kg.

Selain itu perolehan medali Solok Selatan juga berasal dari cabagn sepatu roda yang mulai dipertandingkan kamis sore dengan raihan satu perak.

Berdasarkan data Humas KONI Solok Selatan hingga pukul Kamis (24/11) pukul 10.00 WIB total sudah meraih sembilan emas, 12 perak dan 21 perunggu yang sebagian besar didapat hari ini.

Mario mengatakan pada Porprov Sumbar XIV Solok Selatan menunjukkan kemajuan dari pergelaran sebelumnya dan banyak cabang olahraga yang tidak diunggul bisa meraih emas.

"Pertandingan Jumat masih ada cabang olahraga andalan yang diharapkan bisa meraih emas bagi Solok Selatan," katanya.

Ia berharap atlet yang akan bertanding termotivasi dengan raihan emas dari cabang olahraga lain sehingga bisa menampilkan yang terbaik untuk meraih prestasi. (*)