Warga Bentuk Barikade Buka Jalan Blusukan Ahok

id pilkada jakarta

Jakarta, (Antara Sumbar) - Warga di Pulomas Barat, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, membentuk barikade dengan saling bergandengan tangan untuk membuka jalan bagi Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang tengah melakukan blusukan ke lokasi tersebut.

"Kasih jalan! Nanti gak sampai-sampai, kita udah rapih berjejer di sini," teriak salah seorang warga Pulomas, Mahmud di Jalan Pulomas Barat VI, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu.

Ahok yang tiba sekitar pukul 13.50 WIB tersebut disambut ratusan warga yang sudah menunggunya dan mengepung untuk melihat dari jarak dekat hingga rombongan Mantan Bupati Belitung Timur tersebut tersendat untuk berjalan.

Inisiatif warga pun dilakukan saat Ahok tak kunjung bergerak hingga 15 menit sejak kedatangannya.

Jajaran polisi dari Polsek Jakarta Timur telah mengerahkan sekitar 320 anggota untuk mengamankan dan mengawal jalannya blusukan.

"Ada 320 polisi gabungan dari Polres Jakarta Timur, TNI ada tujuh personil dari Koramil dan Kodim. Kita antisipasi saja karena memang kami komitmen setiap ada kegiatan kampanye, tanpa ada permintaan kita berikan pengamanan," kata Kapolsek Jakarta Timur Kompol Cahyo.

Cahyo mengakui ada potensi penolakan, seperti unjuk rasa warga namun pihak kepolisian telah berupaya meredam. Ada pun keamanan juga dilakukan oleh relawan dari Partai NasDem dan PDI Perjuangan.

Namun demikian, hingga berita ini diturunkan belum terlihat adanya penolakan dari warga. Sebaliknya, warga justru bersorak menyanyikan yel-yel dan terus meneriakkan nama Ahok.

Ada pun masa kampanye dalam rangka Pilkada DKI Jakarta 2017 berlangsung mulai 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017 mendatang, sedangkan hari pemilihan akan jatuh pada 15 Februari 2017.

Terdapat tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur yang terdaftar dalam Piklada DKI 2017, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. (*)