Wabup Solok Selatan Minta Atlet Porprov Jaga Kesehatan

id Wabup Solok Selatan

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman mengingatkan atlet yang berlaga di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat ke XIV di Kota Padang untuk menjaga kesehatan karena akan menentukan dalam meraih prestasi.

"Jadwal pertandingan sudah diatur dan untuk bisa mengikutinya sesuai yang ditentukan atlet harus menjaga kesehatan agar mendapatkan prestasi," katanya pada pelepasan kontingen Solok Selatan, di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati setempat, di Padang Aro, Jumat.

Ia berharap semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ikut bertanggung jawab terhadap atlet termasuk kebutuhan suplemennya.

"Semua SKPD harus terlibat dalam memfasilitasi cabang olahraga yang bertanding, termasuk suplemen serta transportasinya," kata dia.

Ia mengingatkan supaya semua atlet saat pelaksanaan Porprov menjaga sikap dan jangan sampai mencemari nama daerah.

Semua atlet katanya, juga harus menjunjung tinggi sportifitas serta kejujuran dan sikap selama pelaksanaan Porprov karena itu akan menyangkut nama baik daerah.

Menurut dia, dengan usia Solok Selatan yang sudah 12 tahun wajar bila menargetkan bisa meraih peringkat 10 besar.

"Target 10 besar pada ajang Porprov tahun ini cukup realistis karena selama ini kita terus pada urutan dua dari bawah," katanya.

Sekarang ini katanya, kesempatan bagi atlet untuk menampilkan semua kemampuan yang sudah dilatih selama ini sehingga bisa meraih prestasi.

"Selama ini sudah berlatih dengan susah payah dan sekarang saatnya menunjukkannya di pertandingan," katanya.

Sementara itu Ketua Harian Kontingen Solok Selatan Yulian Efi mengatakan, tahun ini kabupaten itu mengirimkan 330 atlet dengan 26 cabor yang diikuti.

"Kita mengirimkan 603 orang dan 330 di antaranya atlet dari 26 cabor yang akan mengikuti Porprov di Kota Padang yang dilaksanakan pada 19-29 November 2016," katanya.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Solok Selatan Mario Syahjohan mengatakan dari 19 Kabupaten/Kota di Sumbar pihaknya paling siap menghadapinya.

"Kita sudah mempersiapkan atlet sejak jauh-jauh hari sehingga optimistis bisa meraih prestasi yang diharapkan," katanya.

Dia menyebutkan, dari 330 atlet yang dikirimkan tahun ini 80 persennya merupakan putra-putri asli daerah.

Tahun ini imbuhnya, pihaknya menargetkan satu cabor satu medali bagi yang bukan tim seperti Sepak Bola, bola volli maupun takraw.

"Untuk yang kategori tim kita targetkan bisa sampai delapan besar tetapi volli peluangnya cukup terbuka karena saat di Dharmasraya kita mendapat perunggu," jelasnya.

Selain itu tambahnya, bagi atlet yang akan bertanding juga tidak perlu khawatir karena mereka semua sudah diasuransikan.

"Semua atlet kita asuransikan sehingga mereka bisa fokus bertanding dan mengeluarkan kemampuan terbaiknya," tambahnya. (*)