Ibu-ibu Bhayangkari Agam Dilatih Bikin VCO

id virgin coconat oil

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Agam, Sumatera Barat, mengadakan pelatihan cara membuat virgin coconut oil (VCO) bagi ibu-ibu Bhayangkari selama dua hari pada 11-12 November 2016.

Kapolres Agam AKBP Eko Budhi Purwono didampingi Kabag Sumda Polres Agam Kompol Dasman dan Perwira Urusan Pelatihan Brigadir Suharmiki di Lubuk Basung, mengatakan pelatihan yang diikuti 50 orang dengan narasumber Ketua Koperasi VCO Manggopoh, Muhammad Nasir.

Setelah pelatihan ini, pihaknya akan membentuk kelompok usaha. Sementara modal usaha berasal dari koperasi milik Polres Agam. Hasilnya akan dipasarkan ke Koperasi VCO Manggopoh.

"Kebutuhan Koperasi VCO Manggopoh sekitar 20.000 liter setiap bulannya," katanya.

Ia menambahkan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal untuk usaha industri rumah tangga bagi istri anggota Polres Agam.

Dengan cara ini, maka mereka mampu menambah pendapatan keluarga selain dari gaji.

"Ini harapan saya dengan pelatihan tersebut dan saya terus mendorong anggota bhayangkari memproduksi VCO itu," tukasnya.

Ketua Koperasi VCO Manggopoh Muhammad Nasir menambahkan proses pembuatan VCO ini sangat mudah dan bahan baku berupa kelapa tersedia di Agam.

Ia menjelaskan untuk membuat VCO dibutuhkan kelapa yang sudah tua, karena banyak mengandung minyak.

Kelapa tersebut diparut dan diremas menggunakan air sekitar lima liter. Setelah menjadi santan, didiamkan di dalam wajan untuk prementasi selama 20 jam.

"Setelah 20 jam, akan keluar VCO. Untuk mengambil VCO itu disaring mengunakan tisu dan kapas," katanya.

Sementara manfaat VCO itu untuk asam laurat, antimikroba, sistem kekebalan tubuh, kelesterol baik, antibiotik, untuk ibu hamil dan lainnya. (*)