Pasaman Barat Peroleh Alat Berat Tingkatkan Budidaya Ikan

id budidaya ikan

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mendapatkan satu unit alat berat berupa excavator dari pemerintah pusat dalam rangka meningkatkan hasil perikanan di daerah itu.

"Alat berat ini digunakan untuk mendukung berbagai program perikanan," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran didampingi Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Pasaman Barat, Luthfi di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan dikabulkannya permohonan bantuan alat berat excavator dari Kementrian Kelautan Perikanan RI dikabulkan berkat kerja keras semua pihak, .

Menurutnya alat berat ini bisa digunakan mempercepat pembangunan dan memajukan dunia perikanan, khususnya usaha tambak ikan.

Kepala Bidang Perikanan, Luthfi menjelaskan bantuan dari pemerintah pusat ini tidak serta merta dapat dijemput, satu indikatornya harus mempunyai standar keberhasilan serta sentra ekonomi khusus di bidang perikanan.

"Dengan adanya alat berat ini, maka akan mempermudah dan mempercepat membangun infrastruktur di sektor perikanan," katanya.

Menurut dia dengan adanya bantuan alat berat excavator itu sangat bermanfaat bagi pembudidayaan ikan di Pasaman Barat, khususnya untuk pembuatan kolam baru dan perbaikan kolam.

Diharapkan target peningkatan produksi perikanan budidaya tahun 2016-2021 sebesar lima persen pertahun dapat diwujudkan.

Ia menambahkan bantuan excavator ini akan diserahkan oleh Bupati Pasaman Barat kepada kelompok perikanan yang punya badan hukum daerah itu.

Sementara itu, Ketua Kelompok Budidaya Ikan Peridon, Aek Nabirong, Kenagarian Parit, Kecamatan Koto Balingka, Najjar Lubis, mengatakan pihaknya mengharapkan agar memfasilitasi kelompok Peridon dalam mengembangkan potensi perikanan di lokasinya.

"Kami, kelompok budidaya ikan Peridon sudah mempersiapkan sekitar 25 hektare lahan untuk budidaya ikan. Kami sudah memulainya dan ke depannya akan lebih ditingkatkan," katanya. (*)