Kementan Bantu Kelompok Petani Dharmasraya

id kementan

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Kementerian Pertanian RI memberikan bantuan alat mesin pertanian kepada kelompok tani di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, dalam upaya meningkatkan produktivitas petani. Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Afdal Jp Tamsin di Pulau Punjung, Kamis, mengatakan bantuan yang diberikan kepada Kelompok Tani Suka Maju bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 senilai Rp401 juta.

"Bantuan ini untuk memberikan semangat kepada petani supaya produksi padi meningkat," ujarnya.

Ia merinci, bantuan sebanyak Rp305 juta untuk peralatan pertanian, diantaranya mesin penggilingan padi generasi baru atau Rice Milling Unit (RMU), mesin tanam, becak motor, dan traktor tangan.

Selanjutnya, anggaran Rp51 juta lagi diperuntukan untuk besaran sarana produksi padi (Saprodi) berupa benih dan pupuk kandang.

Dia menyebutkan Bupati Sutan Riska seacara lansung melakukan peletakan batu pertama pembangunan RMU di Jorong Sido Mulyo, Nagari (Desa Adat) Tebing Tinggi, Kecamatan Pulau Punjung, pada Rabu (9/11).

Dia meminta kepada petani yang tergabung dalam kelompok tani penerima bantuan alat mesin pertanian tersebut untuk memelihara dan memanfaatkannya dengan baik.

Alat mesin pertanian dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan produksi tanaman pangan dan kesejahteraan masyarakat tani di kabupaten ini, lanjutnya.

"Itu pesan yang disampaikan pak bupati dihadapan para petani berapa waktu lalu," ucapnya.

Ia menambahkan petani Suka Maju saat ini juga sedang mengembangkan tanaman padi organik di atas lahan seluas 20 hektare. Dengan bantuan ini ia berharap para petani bersungguh-sungguh dalam mengembangkan padi organik.

"Sehingga Petani Suka Maju akan menjadi contoh bagi kelompok tani lainnya untuk mengembangkan padi organik ini, ujarnya. (*)