Museum Adityawarman Sediakan Fasilitas Wifi Gratis

id Museum Adityawarman

Museum Adityawarman Sediakan Fasilitas Wifi Gratis

Museum Adityawarman. (antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Museum Adityawarman Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menyediakan fasilitas wifi atau jaringan internet gratis bagi pengunjung sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan dalam rangka menarik minat masyarakat berkunjung ke museum.

"Sebelumnya telah dilakukan perbaikan gedung dan pagar, beberapa bagian museum lainnya juga sudah sudah direnovasi sejak tahun lalu, yang terbaru kami menambahkan wifi," kata Kepala UPT Museum Adityawarman Noviyanti Awaludin di Padang, Kamis.

Menurut dia dengan adanya wifi gratis pengunjung bisa langsung berfoto dan mengunggahnya di media sosial, sehingga secara tidak langsung dapat membantu promosi museum.

"Selain akses wifi gratis juga ada toko cendera mata, agar pengunjung bisa membeli berbagai kerajinan tangan dan oleh-oleh untuk dibawa pulang," kata dia

"Tidak hanya itu, saat ini kami bekerja sama dengan salah satu pelaminan untuk peminjaman pakaian adat, jadi pengunjung yang datang dan ingin berfoto dapat menyewa," lanjutnya.

Pihak museum juga sudah menyediakan berbagai fasilitas agar pengunjung lebih tertarik dan nyaman selama berada di lingkungan museum seperti pemandu serta fasilitas audio visual.

"Bagi pengunjung yang membutuhkan informasi juga ada duta museum sebagai pemandu, jadi bisa menanyakan berbagai informasi seputar koleksi," ujar dia.

Ia menyebutkan saat ini ada sepuluh macam jenis koleksi utama yaitu a etnografi, keramik, filologi, teknologi dan lainnya.

Selain itu, koleksi museum Adityawarman Padang bertambah sejak 26 Maret 2016 berupa dokumentasi tentang gempa 2009 yang terjadi di Padang.

Ia mengimbau seluruh masyarakat khususnya dunia pendidikan untuk memanfaatkan keberadaan museum dengan mengadakan beragam aktivitas.

Berdasarkan data yang dihimpun jumlah pengunjung dari Januari hingga Oktober 2016 mencapai sebanyak 97.528 orang.

Sementara salah seorang pengunjung museum Indah mengatakan dengan adanya pemandu wisata juga wifi gratis menjadi salah satu penarik dan penambah fasilitas dalam pelayanan museum.

"Banyak manfaatnya, bisa mengakses informasi di internet dengan fasilitas wifi dari museum," ujarnya. (*)