Mahasiswa Unand Ajak Masyarakat Biasakan Penggunaan TI

id Mahasiswa Unand

Padang, (Antara) - Kelompok mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Unand), Padang, Sumatera Barat, yang tergabung dalam AgITC mengajak masyarakat khususnya kaum muda untuk membiasakan penggunaan Teknologi Informasi (TI) lewat pelatihan bidang tersebut di Padang, Kamis.

"Pelatihan ini hanya bagian dari kegiatan pekan IT yang digelar sejak Senin (7/11) yang tujuannya sama membiasakan penggunaan IT," kata Ketua Panitia Pekan TI AgITC Ade Candesko.

Dia menyebutkan pelatihan kali ini lebih pada pengenalan karya kreatif yang memanfaatkan kemajuan teknologi salah satunya pembuatan komik digital.

Semakin banyaknya bermunculan komikstrip secara digital di berbagai media sosial saat ini menjadi dasar untuk mengadakan pelatihan ini.

Untuk memperkuat pelatihan tersebut kata dia, pihaknya sengaja mengundang komikus terkenal dengan karakter "Si Juki" Faza Ibnu Ubaidillah atau Faza Meong.

Sebelum pelatihan saat ini, sehari sebelumnya Faza Meong juga telah memberikan seminar khusus pembuatan komik strip bergenre komedi.

"Ini menjadi bagian kemudahan penggunaan TI di tengah masyarakat," tambahnya.

Selain itu juga katanya, motto dari AgITC "IT for every one" atau TI untuk siapapun menjadi motivasi mengenalkan dan mengajak masyarakat dalam menggunakan TI.

Ketua AgITC Zuhri menambahkan bahwa kegiatan pelatihan dan Pekan TI sendiri sebagai visi untuk mengenalkan teknologi di tengah masyarakat.

Lebih jauh katanya, bukan sebatas pengenalan teknologi melainkan juga pengembangannya dalam berbagai bidang, misalnya industri.

Kehadiran Faza Meong dan beberapa creator kreatif lainnya juga bertujuan untuk memotivasi bahwa teknologi mampu menyejahterakan hidup masyarakat dan perkembangan lainnya.

Senada itu Faza Ibnu Ubaidillah mengatakan bahwa perkembangan teknologi telah memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam berbagai bidang.

Sebagai contoh katanya komik strip digital yang menjamur di media sosial memiliki potensi maju dan berkembang lebih jauh.

Mungkin saja kata dia karakter Si Juki atau tokoh komik asli Indonesia lainnya akan mengikuti jejak Doraemon, Spiderman, atau Dragon Ball.

Artinya tidak hanya terkenal sebatas komik saja namun juga berkembang pada sektor lain misal industri barang dan sebagainya.

"Tinggal saja kolaborasi dan konsistensi creator dan pencipta karya kreatif lainnya dapat terjalin," ujarnya. (*)