UNP Gelar Kejuaraan Panjat Tebing Nasional

id panjat tebing

UNP Gelar Kejuaraan Panjat Tebing Nasional

Ilusrasi - (ANTARA SUMBAR/Rully Firmansyah)

Padang, (Antara Sumbar) - Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam Lingkungan Hidup (MPALH) Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat menggelar kejuaraan panjat tebing tingkat nasional pada 7 hingga 10 November 2016.

"Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati hari pahlawan pada 10 November," kata Ketua Panitia Kejuaraan Nasional Panjat Tebing MPALH UNP Ilham di Padang, Selasa.

Ilham mengatakan tujuan dari diadakannya kejuaraan itu adalah untuk pemicu kegiatan panjat tebing lainnya di Sumbar, kemudian untuk membangkitkan solidaritas kepecintalaman yang ada di Indonesia serta untuk mencari bibit-bibit baru olahraga panjat tebing, khususnya di Sumbar.

Adapun yang dilombakan diantaranya kategori umum, mapala dan kategori umur di bawah 16 tahun Lead Putra dan Putri yang diselenggarakan di Wall Climbing MPALH UNP dengan tema 'Show Your Skill' dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp30 juta.

Ia menyebutkan saat ini total peserta yang mengikuti kejuaraan itu sebanyak 171 orang yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia seperti DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Sulawesi, Banten, Riau, Bengkulu, jambi dan daerah lainnya.

Menurutnya di Sumbar saat ini masih kekurangan atlet panjat tebing. Dengan lomba tersebut, tambahnya diharapkan tumbuh atlet-atlet baru.

"Seandainya kedepannya ada kegiatan lagi akan kita buat papan baru berupa papan speed dan papan boulder," ungkapnya.

Selain itu terdapat berbagai kegiatan pendukung dalam acara itu dintaranya bazar dan pameran seperti buku barang-barang outdoor dan pameran reptil, fun climbing, donor darah dan cek kesehatan gratis serta panggung hiburan sebagai penutup rangkaian acara itu.

Sementara itu salah seorang mahasiswa pencinta alam salah satu universitas negeri di Kota Padang Husna (22) mengatakan adanya kegiatan ini dapat membangkitkan semangat untuk berprestasi di masa yang akan datang.

"Semoga dengan ini dapat menumbuhkan semangat dan memunculkan bibit baru panjat tebing di Sumbar," katanya. (*)