Mendekatkan Pelayanan Masyarakat Didukung Pembangunan Infrastruktur

id #nagari#wali#Sijunjung

Mendekatkan Pelayanan Masyarakat Didukung Pembangunan Infrastruktur

Peletakan batu perdana pembangunan kantor wali nagari Batu Menjulur (cc)

Sijunjung (Antara) Upaya untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat tentu harus didukung dengan pembangunan infrastruktur seperti kantor wali nagari Batu Manjulur, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung yang telah diletakan batu pertama.

Pembangunan kantor yang dipusatkan di Jorong Batu Manjulur Timur tersebut ditandai dengan peletakan batu pertamanya oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin yang diwakili oleh Camat Kupitan Gafrialdi, Senin.

Turut hadir pada peletakan batu pertama pembangunan Kantor Wali Nagari tersebut, anggota DPRD Yusni Darti dari Fraksi Golkar dan Syofyan Hendri dari Fraksi PKS yang merupakan wakil rakyat dari dapil II.

Kemudian Wali Nagari Batu Banjulur Sutrisno, Sekeretaris Nagari Ahmad Fadhil, Ketua Badan Permusyawaratan Nagari (BPN) Fahmi Enda Sampono, Ketua KAN H Syafri Datuak Bandaro Sati, kepala Jorong batu Manjulur Barat Ashari dan Kepala Jorong Batu Manjulur Timur Mardalis serta bundo kanduang, ninik-mamak dan tokoh masyarakat setempat.

Camat Kupitan Gafrialdi dalam sambutan memberi apresiasi terhadap kerja keras, koordinasi serta kerja sama antara pihak pemerintahan nagari dengan BPN, KAN dan ninik mamak demi jalannya pembangunan terhadap Kantor Pemerintahan Wali Nagari Batu Manjulur tersebut.

Sebab dengan kebersamaan semua elemen, pembangunan kantor wali nagari yang lebih repsentatif akan dapat diwujudkan dan segera terealisasi.

"Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui pemerintah Kecamatan Kupitan memberikan apresiasi atas kerja sama seluruh unsur Nagari Batu Manjulur yang telah berusaha semaksimal mungkin untuk membantu pembangunan tersebut. Ke depan pelayanan kepada masyarakat dapat lebih ditingkatkan, serta dapat memperluas area pemukiman bagi warga Kenagarian Batu Manjulur," katanya.

Sementara itu, Walinagari Batu Manjulur Sutrisno mengatakan bahwa kantor wali nagari yang dipakai sekarang sudah terlalu sempit untuk pelayanan terhadap masyarakat yang tiap tahun semakin meningkat.

Jadi, supaya pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat Kenagarian Batu Manjulur serta memperluas wilayah pemukiman penduduk, maka pemerintah nagari berserta ninik mamak dan pemuka masyarakat menyepakati untuk pembangunan kantor wali nagari yang baru.

"Karena kondisinya kurang memadai, kantor ini diperbesar. Jika selesai nantinya, disamping dimanfaatkan sebagai pusat pemerintahan nagari juga akan dimanfaatkan untuk Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan Badan Permusyawaratan Nagari (BPN). Atas bantuan dari berbagai pihak, dalam waktu tidak terlalu lama kantor yang lebih representatif akan dapat segera diwujudkan," ujar Sutrisno.

Sutrisno juga menambahkan bahwa pembangunan kantor wali nagari tersebut murni menggunakan anggaran dari Alokasi Dana Nagari (ADN) sebesar Rp179 juta di atas tanah hibah dari masyarakat.

"Alhamdulillah pak, untuk tanah kita mendapatkan hibah dari masyarakat Batu Manjulur dan kita hanya mengeluarkan biaya untuk pembangunan fisik kanto melalui pola swadaya masyarakat," ujar Sutrisno.

Anggota DPRD Sijunjung Yusni Darti didampingi Sofyan Hendri dalam arahannya menyambut baik pekerjaan pembangunan kantor dan diharapkan keberadaannya dapat peningkatan pelayanan publik semakin bisa diwujudkan.

Sebuah kantor wali nagari, di samping sebagai pusat pelayanan masyarakat, juga merupakan sebuah simbol kebesaran dan kebanggaan anak nagari.

Ke depan kami berharap Anak Nagari Batu Manjulur lebih meningkatkan kebersamaan, baik yang berada di kampung halaman maupun yang di perantauan. Dengan demikian, potensi kampung dan rantau bisa disinergikan, sehingga menjadi modal pembangunan nagari yang luar biasa," ujarnya.