Pecatur Sawahlunto Target Medali Emas Porprov Sumbar

id catur

Pecatur Sawahlunto Target Medali Emas Porprov Sumbar

Catur.

Sawahlunto, (Antara Sumbar) - Pecatur asal Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), menargetkan perolehan medali emas pada ajang Pekan Olahraga Propinsi (Porprov) Sumatera Barat ke-XIV provinsi itu yang akan diselenggarakan di Kota Padang, 19-29 November 2016.

"Pada porprov sebelumnya di Kabupaten Dharmasraya kami berhasil meraih satu medali perak dan satu perunggu, pada porprov kali ini ditargetkan satu emas, satu perak dan satu perunggu," kata ketua pengurus cabang Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) setempat, Nova Hendra di Sawahlunto, Senin.

Menurutnya, untuk mencapai perolehan itu pihaknya menurunkan sebanyal 10 atlet catur yang akan berlaga di kelas catur cepat, catur kilat, catur standar serta catur beregu putra dan putri.

Dari hasil pemantauan selama pelaksanaan pemusatan latihan kontingen porprov di kota itu, pihaknya menilai penguasaan strategi dan tingkat kemampuan masing-masing pecatur tersebut cukup menunjukkan hasil yang menggembirakan.

"Mereka semangat sekali untuk memenangkan laga menghadapi pecatur terbaik asal kota dan kabupaten di Sumbar, semoga upaya yang mereka perlihatkan nanti mampu membuahkan hasil yang membanggakan bagi diri mereka, orang tua dan kota yang mereka wakili ini," ungkapnya.

Terkait komposisi atlet catur yang dikirim pihak PERCASI Kota Sawahlunto kali ini, ia menjelaskan seluruhnya merupakan atlet-atlet lokal kota itu yang diperoleh melalui seleksi ketat yang dilaksanakan pada beberapa kompetisi catur secara berjenjang di kota itu.

Disinggung mengenai pesaing terberat mereka dalam perburuan medali nanti, menurutnya pecatur dari Kabupaten Solok dan Kota Padang cukup menjadi perhatian mereka untuk diwaspadai.

"Kontingen untuk cabang olahraga catur di daerah itu didominasi atlet-atlet yang tergabung dalam pemusatan latihan daerah pada seleksi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat yang digelar September 2016," katanya.

Sebelumnya, Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, telah mengukuhkan kontingen Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Sumbar dari kota itu.

"Kami menyiapkan sebanyak 318 atlet yang akan berlaga pada 28 cabang olahraga(Cabor) yang dipertandingkan pada ajang tersebut," kata Ketua KONI setempat, Syafril.

Sekretaris KONI setempat, Renaldi Syaputra menambahkan sebagian besar atlet yang diutus itu merupakan atlet lapis kedua yang telah dibina menjadi atlet berprestasi untuk mewakili daerah itu.

"Meskipun tidak diberi beban target namun kami telah membulatkan tekad untuk terus memperbaiki peringkat dengan meningkatkan kemampuan fisik dan mental atlet-atlet Sawahlunto," ujarnya. (*)