Messi Inspirasi Barca untuk Menang Atas Sevilla

id Lionel Messi

Messi Inspirasi Barca untuk Menang Atas Sevilla

Lionel Messi. (Reuters)

Barcelona, (Antara Sumbar) - Lionel Messi membantu Barcelona untuk bangkit dari ketinggalan dan menang 2-1 atas Sevilla pada pertandingan yang berlangsung menarik pada Minggu, ketika sang juara bertahan terus memberikan tekanan kepada pemuncak klasemen Liga Spanyol Real Madrid.

Barca berada di bawah tekanan sejak sepak mula dan tertinggal akibat gol Vitolo pada menit ke-15.

Messi menyamakan kedudukan sebelum turun minum, menyusul kegagalan tuan rumah memanfaatkan sejumlah. Setelah turun minum, Barcelona mengendalikan situasi dan Luis Suarez membukukan gol penentu kemenangan pada menit ke-61.

Barca tetap tertinggal dua angka dari Real, yang memimpin klasemen dengan 27 angka setelah menang 3-0 atas Leganes berkat dua gol Gareth Bale di babak pertama dan sepakan dari Alvaro Morata.

Villarreal menang 2-0 atas Real Betis untuk naik ke peringkat ketiga, tertinggal tiga angka dari Barca. Tim peringkat kelima Sevilla, dengan 21 angka, kalah selisih gol dari Atletico Madrid.

Pelatih asal Argentina Jorge Sampaoli telah mengubah gaya bermain Sevilla sejak mengambil alih tim pada Juni, mengubah mereka menjadi unit yang menekan tanpa kenal lelah yang menyerang dengan kecepatan tinggi.

Timnya bertemu dengan Barcelona yang berupaya bangkit dari kekalahan di markas Manchester City pada tengah pekan, dengan menghadirkan nuansa menarik sebelum pertandingan dimulai dan pertandingan sengit dari awal sampai akhir pun tersaji.

Luciano Vietto menyerang ke depan pada menit pembukaan, meski tembakannya kurang tenaga untuk menaklukkan Marc-Andre ter Stegen di gawang Barca, sedangkan di sisi lain Messi melepaskan tembakan mendatar yang dapat ditepis Sergio Rico.

Sevilla membuka keunggulan ketika umpan terobosan Vietto gagal diantisipasi Sergi Roberto, dan Vitolo mampu meneruskannya untuk melwati Ter Stegen.

Kepercayaan diri Sevilla bertambah dan terlihat akan menambah keunggulan, Vietto melepaskan tembakan melebar dari sudut sempit dan upaya Vitolo mengenai mistar gawang.

Barca menyamakan kedudukan menyusul serangan balik yang diawali oleh Messi dan melibatkan Denis Suarez dan Neymar, di mana pemain Argentina itu menyelesaikan peluang dengan sepakan mendatar.

Sevilla dipaksa bertahan dan Barca mendominasi babak kedua. Ivan Rakitic dan Messi melepaskan tembakan terarah kepada Rico, namun Suarez memperlihatkan ketenangan lebih, menggulirkan bola ke sela-sela kaki sang kiper setelah Mesi memberikannya umpan untuk membawa Barca berbalik memimpin.

Sevilla terus berupaya menekan ketika Steven Nzonzi nyaris menyamakan kedudukan melalui sundulan dari tendangan sudut, namun Barca mampu mengamankan kemenangan yang mendongkrak rasa percaya diri.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal pada Minggu, Real mengawali pertandingan melawan tetangganya Leganes dengan lambat, namun Bale membawa mereka memimpin pada menit ke-37.

Pemain internasional Wales itu berlari mengejar umpan terobosan dari Isco yang membelah pertahanan tim tamu dan ia mengecoh kiper Jon Serantes untuk memasukkan bola ke tiang dekat dari sudut sempit.

Bale kemudian memanfaatkan pertahanan buruk dari tendangan bebas untuk mengemas gol kedua menjelang turun minum, menaklukkan Serantes untuk memasukkan bola dari jarak dekat, untuk mencetak gol ke-150 sepanjang karirnya.

Penyerang Real asal Spanyol Alvaro Morata, yang bermain untuk menggantikan Karim Benzema yang cedera, memastikan kemenangan timnya pada menit ke-76, ketika Real mempertahankan laju tidak terkalahkan mereka di semua kompetisi dan juga mencatatkan clean sheet pertama dalam 11 pertandingan. (*)