Aqua Raih Penghargaan Living Legend Companies 2016

id aqua

Aqua Raih Penghargaan Living Legend Companies 2016

Aqua. (antara)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Aqua Grup pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) berhasil meraih penghargaan Indonesia Living Legend Companies 2016 dari majalah Warta Ekonomi di Jakarta.

"Penghargaan diterima oleh Presiden Direktur Aqua Golden Mississippi, Leila Djafaar di Hotel Pullman Jakarta," kata Kepala Pabrik Aqua Solok, Dwi Nofriyadi didampingi CSR Koordinator Jon Betrit di Arosuka, Rabu.

Ia menyebutkan penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi majalah Warta Ekonomi terhadap kinerja perusahaan Aqua Group yang telah beroperasi lebih dari 25 tahun dan terus melakukan inovasi untuk berkembang.

Perusahaan ini kata dia, menyandang predikat sebagai Perusahaan Legendaris.

Ia menerangkan, dari penelusuran yang dilakukan oleh tim riset majalah Warta Ekonomi, menemukan lebih dari 100 perusahaan yang telah berusia 25 sampai 49 tahun.

Kemudian sebanyak 125 perusahaan berusia 50 hingga 74 tahun, dan 25 perusahaan berdiri lebih dari 75 tahun.

Berdasarkan data ini kemudian majalah Warta Ekonomi melakukan riset yang cukup panjang untuk menilai perusahaan mana yang pantas mendapatkan penghargaan Living Legend Companies.

Dengan kriteria penilaian, mencakup sejarah perusahaan, inovasi produk dan strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Dan akhirnya Aqua Grup dianggap sebagai perusahaan yang mampu melewati tantangan dan bahkan terus berinovasi.

Selama 43 tahun beroperasi, Aqua Grup mengembangkan berbagai inovasi untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen dan pemangku kepentingan lainya.

"Salah satu inovasi yang dilakukan di antaranya adalah mengeluarkan produk dengan tokoh Disney untuk mengajak anak-anak agar selalu minum air putih yang baik bagi kesehataan," katanya.

Produk Disney tersebut diluncurkan karena sebuah riset menemukan bahwa satu dari empat anak di Indonesia ternyata diketahui kurang meminum air putih. Sehingga produk kemasan Disney dapat membantu menarik minat anak-anak untuk minum air putih.

Inovasi lainnya adalah kemasan praktis botol Click N Go, dengan botol bervolume 700 ml ini diperuntukkan bagi mereka yang sering beraktivitas di luar ruang.

Selain itu Aqua juga selalu berinovasi untuk mengelola dampak bisnisnya, seperti rancang ulang botol untuk mengurangi bobot kemasan dan menghilangkan segel plastik dalam upaya mengurangi timbulan sampah.

Bahkan sejak 2014 Aqua Grup juga menggunakan kereta api untuk mengangkut produk galon dari Sukabumi menuju Stasiun Ancol Jakarta, hal ini merupakan salah satu strategi pengurangan jejak karbon dan untuk pertama kalinya dilakukan oleh perusahaan AMDK.

Selain menerima penghargaan Living Legend Companies, pada Agustus lalu Aqua Grup juga meraih tiga penghargaan Social Business Inovation yang juga diberikan oleh majalah Warta Ekonomi.

"Aqua Grup juga meraih Best Green CEO yang diberikan kepada Presiden Direktur PT. Tirta Investama, Charlie Cappetti, Program Teknologi Hemat Energi dan Program Pengelolaan Air Bersih di Indonesia untuk kategori Beverage Packaging," kata Dwi Nofriyadi. (*)