Pemkot Manfaatkan Ketenaran "Nasi Padang" Promosi Kuliner

id Nasi Padang

Pemkot Manfaatkan Ketenaran "Nasi Padang" Promosi Kuliner

kuliner minang (ii)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat, akan memanfaatkan ketenaran lagu "Nasi Padang" yang diciptakan penyanyi Norwegia, Audun Kvitland untuk mempromosikan kuliner khas Minangkabau ke dunia internasional.

"Ketenaran Nasi Padang akan jadi awal bagus kuliner lainnya mendunia," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Asharullah di Padang, Minggu.

Dia menyebutkan salah satu upaya ini yakni dengan mempromosikan di beragam festival kuliner Indonesia yang digelar di berbagai negara.

Menurutnya tidak hanya Rendang, dalam festival tersebut juga akan dipromosikan beragam jenis panganan lain misal Dendeng Balado, Ayam Singgang, Pangek Masin, Gulai Lauk Karang dan sebagainya.

Upaya ini katanya dilakukan untuk menjelaskan sekaligus mengenalkan bahwa Padang terkenal tidak hanya nasinya yang berbeda yakni "badarai" atau butir nasi lepas-lepas namun juga lauk pauknya.

"Yang terdekat kuliner Padang akan dipromosikan di festival di Norwegia tempat asal Audun," tambahnya.

Khusus untuk Audun kata wali kota, pihaknya akan mendatangkan penyanyi tersebut pada 1 hingga 5 Desember 2016.

Tujuan mengundang Audun ini bukan hanya untuk memberikan apresiasi atas tenarnya nama Nasi Padang di dunia, melainkan juga mengenalkan secara langsung Nasi Padang beserta lauk pauknya.

Untuk mendatangkan musisi internasional ini pihaknya telah berkoordinasi dengan kedubes Norwegia dan diharapkan kedatangan ini dapat terealisasi.

"Kami berharap Audun juga mau mempromosikan kuliner lainnya dari Padang," ujarnya.

Sementara itu salah satu ibu PKK di Kuranji Padang, Rozawati menilai kedatangan Audun dapat menjadi kesempatan bagi ibu-ibu PKK yang ada di kecamatan menyajikan makanan khas Minang.

Dengan harapan katanya, Audun bisa juga mempromosikan kuliner lainnya seperti Sala Lauak, Saik Galamai atau Singgang. (*)