ForMIND Gelar Seminar Peringati Sumpah Pemuda

id formind,padang,seminar,sumpahpemuda

Padang, (Antara Sumbar) - Forum Peneliti Muda Indonesia (ForMIND) memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan menggelar seminar di Universitas Andalas (Unand), Sumatera Barat dengan tujuan berbagi ilmu dengan sesama.

"Seminar ini sejalan dengan semangat berdirinya ForMIND pada 28 Oktober 2013 lalu yaitu untuk membagikan ilmu kepada sesama," kata pembina ForMIND Prof Ketut Wikantika saat pembukaan seminar di Padang, Jumat.

Ia mengatakan semangat tersebut terinspirasi dari peristiwa sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928 yang dipelopori oleh kaum muda guna memerdekakan Indonesia.

Seminar tersebut, lanjutnya, tidak membicarakan tentang bagaimana menyusun paper, artikel, dan laporan hasil penelitian lainnya. Namun lebih pada mencari solusi atau berbagi ilmu serta informasi guna mengatasi permasalahan sehingga dapat membantu masyarakat dan pemerintah.

Pada kesempatan tersebut juga diluncurkan buku hasil tulisan anggota komunitas itu serta meneken MoU dengan perusahaan yang bergerak di bidang penelitian.

Buku yang diresmikan tersebut juga dapat dilihat di website komunitas itu sehingga pembaca dapat melihatnya secara gratis.

Ketua Pelaksana ForMind 3 rd Conference 2016 Fatma Sri Wahyuni mengatakan ForMIND merupakan wadah peneliti muda untuk berkumpul dari Sabang sampai Marauke.

"Saat ini anggota ForMIND telah mencapai 257 orang yang terdiri dari berbagai bidang ilmu," katanya.

Seminar tersebut diikuti 400 peserta yang didominasi oleh kaum muda dan tahun depan seminar akan diselenggarakan di Sorong, Papua sedangkan pada 2018 akan diselenggarakan di Osaka, Jepang.

Sementara itu, Rektor Unand Prof. Dr. Tafdil Husni mengatakan bersyukur dengan peneliti muda yang berkumpul dan menyampaikan ilmunya kepada warga Padang dan khususnya mahasiswa Unand.

Ia berahap dengan datangnya peneliti muda maka dapat memupuk semangat warga Kota Padang dan mahasiswa unand untuk melakukan penelitian.*