Wako Payakumbuh Berharap APBD Tetap Pro Rakyat

id Riza Falepi

Wako Payakumbuh Berharap APBD Tetap Pro Rakyat

Riza Falepi. (Antara)

Padang, (Antara) - Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) Riza Falepi yang sedang cuti karena mengikuti pemilihan kepala daerah, berharap APBD 2017 tetap pro rakyat meski penetapannya dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) wali kota dengan DPRD.

"Ini adalah harapan. Namun realisasinya berada pada tangan Plt. Saya yakin harapan ini bisa terwujud," katanya saat menghadiri peresmian Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Priadi Syukur sebagai Plt Wali Kota Payakumbuh di Padang, Rabu.

Menurutnya, menentukan APBD yang pro rakyat itu sangat mudah dengan melihat indikator besaran anggaran untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

"Asal anggaran untuk pembangunan dan rakyat besar, berarti APBD telah pro rakyat," jelasnya.

Ia juga berharap agar Plt wali kota yang ditunjuk oleh Menteri Dalam Negeri bisa menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Payakumbuh saat pelaksanaan pemilihan kepala daerah.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan Plt kepala daerah memang diberikan kewenangan untuk bisa membahas dan menetapkan APBD 2017 bersama DPRD setempat.

"Dasar hukumnya sudah jelas. Jadi tidak akan ada persoalan hukum nantinya," ujar dia.

Terkait pemilihan kepala daerah ia berpesan agar Plt bisa mendeteksi secara dini potensi konflik antar pendukung calon kepala daerah.

"Meskipun dari pengalaman Sumbar relatif aman selama pelaksanaan pemilihan umum, namun Plt kepala daerah harus tetap waspada. Kalau ada potensi konflik segera atasi, jangan menunggu-nunggu," tegasnya.

Pada 2017 di Sumbar, terdapat dua kabupaten dan kota yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah secara serentak masing-masing Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kota Payakumbuh.

Dua pasang calon akan berkompetisi di Kabupaten Mentawai dan tiga pasang di Kota Payakumbuh.

Dua pasang calon di Mentawai itu masing-masing Rijel Samaloisa-Binsar Saleleubaja dan pasangan Yudas Sabaggalet-Kortanius Sabeleake. Sementara di Payakumbuh masing-masing Wendra Yunaldi berpasangan dengan Ennaidi, selanjutnya Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri serta Riza Falepi yang berpasangan dengan Erwin Yunaz. (*)