Zigo Rolanda: Segera Antisipasi Tabrakan Kereta Api

id tabrakan kereta api

Zigo Rolanda: Segera Antisipasi Tabrakan Kereta Api

Ilustrasi - Perbaikan jalur kereta api . (FOTO ANTARA/ANTARA/Arif Pribadi)

Padang, (Antara Sumbar) - Anggota Komisi IV DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Zigo Rolanda meminta pihak berwenang untuk segera mengantisipasi tabrakan di perlintasan kereta api.

"Pemerintah kabupaten dan kota Provinsi Sumbar harus berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia agar permasalahan ini menjadi jelas," katanya di Padang, Selasa.

Kecelakaan antara kereta api dan kendaraan yang melintas, katanya akhir-akhir ini semakin banyak sehingga sangat diperlukan langkah dari pihak berwenang.

Ia mengatakan hal tersebut tidak bisa dibiarkan karena menyangkut keselamatan masyarakat yang berada dan menggunakan akses jalan di sekitar perlintasan kereta api.

"Pemerintah kota dan kabupaten harus tegas dan mencari solusi agar kecelakaan tidak terus bertambah," katanya.

Harus ada pembenahan untuk menjaga keselamatan masyarakat, ujarnya, dan jangan sampai hal itu menjadi pembiaran terus menerus.

Ia mengatakan setidaknya setiap perlintasan kendaraan di jalur kereta api ada palang pintu untuk menandakan kereta akan melintas.

Salah satu penyebab seringnya terjadi kecelakaan tersebut karena pengemudi tidak mendengar kereta api akan lewat, kata politisi Partai Golongan Karya ini.

Sebelumnya, Kepolisian Sektor Kota Koto Tangah, Kota Padang mengatakan hingga september 2016 ini sudah ada delapan orang yang meninggal akibat kecelakaan kereta api.

Kapolsek setempat, Kompol Jon Hendri menyebutkan selama ini kecelakaan kereta api sering terjadi di lokasi yang tidak ada palang pintu. Selain itu kecelakaan juga berasal dari banyak faktor salah satunya adalah kelalaian pengendara mobil yang tidak menurunkan kaca mobil sewaktu melintasi rel.

"Tentunya hal ini memicu terjadinya kecelakaan karena pengendara mobil tidak mendengar bunyi kereta api dan teriakan dari warga," ujar dia. (*)