Guru Besar: Biomassa Belum Dimanfaatkan Secara Optimal

id Sri Haryati

Palembang, (Antara Sumbar) - Guru Besar Fakultas Teknik Unsri Palembang Prof Sri Haryati mengatakan, biomassa atau energi terbarukan di Sumatera Selatan belum dimanfaatkan secara optimal padahal potensi cukup besar.

Potensi biomassa yang dapat digunakan sebagai sumber energi jumlahnya melimpah, kata dia dalam pidato pengukuhan sebagai guru besar tetap dalam bidang ilmu teknik kimia pada Fakultas Teknik Unsri di Palembang, Senin.

Dalam orasinya yang berjudul Peningkatan Nilai Tambah Sumber Daya Alam Hayati dengan Implementasi Proses Agrokimia Teknologi Biorefinery dikatakan, bahkan sumber biomassa dianggap limbah antara lain kulit kayu gelam dan tanaman air apu - apu.

Begitu juga yang berasal dari hewan atau tumbuhan semuanya potensial untuk dikembangkan, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, salah satu pemanfaatan energi terbarukan itu sebagai kapasitor energi listrik.

Penyimpanan energi listrik dapat oleh kapasitor, baterai dan superkapasitor, kata dia.

Dia mengatakan, baterai memiliki kemampuan untuk menyimpan energi tinggi namun dayanya cukup kecil.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan mengenai superkapasator bahan baku energi terbarukan antara lain konversi kulit kayu gelam menjadi kapasitor lapis ganda elektrokimia, ujar dia.

Menurut dia, selain itu pemanfaatan limbah biomassa juga dapat digunakan dalam teknologi biorefinery menjadi produk energi seperti kayu jelutung menjadi briket.

Selain itu juga produk teknologi biorefinery atau kegiatan industri dapat dimanfaatkan dalam mengatasi berbagai masalah lingkungan atau memurnikan limbah, ujar dia. (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar