Perbakin Agam Lakukan Pemusatan Latihan Jelang Porprov

id Perbakin agam

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, melakukan pemusatan latihan bagi 22 atlet yang akan diturunkan saat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV di Kota Padang pada 19 - 29 November 2016.

"Pemusatan latihan ini kita gelar setiap Sabtu dan lokasinya berbeda-beda seperti, lapangan tembak Polres Agam, lapangan tembak PT Mutiara Agam dan lapangan tembak milik nagari atau desa adat di Agam," kata Ketua Umum Perbakin Agam Eko Budhi Purwono didampingi Ketua Harian Perbakin Agam, Yuspidar di Lubuk Basung.

Menjelang pelaksanaan Porprov, ke 22 atlet ini juga akan mengikuti pemusatan latihan di lapangan tembak Kota Bukittinggi.

Pemusatan latihan yang digelar berbagai lokasi bertujuan untuk memasyarakatkan olahraga menembak, sehingga akan lahir atlet menembak setiap nagari di Agam.

Selain itu, untuk menambah jam terbang bagi atlet yang akan membela Agam pada Porprov agar mereka tidak demam panggung, sehingga mereka bisa meraih medali nantinya.

"Setidaknya ke 22 atlet ini akan memperoleh medali emas pada Porprov nanti," tegasnya.

Pada Porprov XIII di Kabupaten Dharmasraya 2014, Perbakin Agam meraih satu medali emas dan dua medali perunggu.

Menurut dia, ini prestasi yang sangat luar biasa, karena Perbakin Agam baru pertama kali mengikuti Porprov.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Agam, Jufri, menambahkan, Kabupaten Agam menurunkan 300 atlet dari 29 cabang olahraga pada Porprov XIV di Padang.

Ke 300 atlet ini akan mengikuti pemusatan pelatihan yang diadakan masing-masing cabang olahraga pada awal Oktober 2016.

Pemusatan latihan ini akan dilakukan secara tiga tahap yakni, pemusatan latihan berjalan, pemusatan latihan penuh dan pemusatan latihan terpadu.

"Dengan cara ini target tiga besar perolehan medali akan tercapai nantinya," katanya.

Pada Porprov XIII di Dharmasraya pada 2014, Kabupaten Agam masuk empat besar dengan perolehan 47 medali emas, 45 medali perak dan 59 medali perunggu. (*)