Pemkot Padang Lakukan Penilaian Sekolah Sehat

id Sekolah Sehat

Pemkot Padang Lakukan Penilaian Sekolah Sehat

Ilustrsi, Sekolah Sehat. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), melakukan penilaian kepada 33 sekolah mulai tingkatan Pendidikan Usia Dini atau setara TK hingga SMA dalam rangka perlombaan sekolah sehat 2016.

"Kemarin kami melakukan kunjungan pada tiga tiga sekolah untuk menilai kualitas dan prestasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)," kata ketua tim penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) Padang Fitri Abu Hasan, di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan kunjungan pada 33 sekolah tersebut karena berdasarkan analisis sebelumnya kesemuanya memiliki indikator pada kekuatan UKSnya.

Mulai dari prestasi yang diraih sekolah pada bidang kesehatan, perilaku warga sekolah pada kesehatan yang dinilai dari fasilitas seperti kantin, kamar mandi serta kesiapan sekolah menghadapi lomba tersebut.

"Beberapa di antaranya sekolah yang meraih penghargaan Adiwiyata seperti SMPN 31 , dan SD Kartika," tambahnya.

Penilaian lomba sekolah sehat ini katanya, secara khusus untuk menyiapkan wakil sekolah di Padang untuk ikut pada penilaian provinsi dan seterusnya nasional.

"Kami berharap beberapa di antaranya mampu mewakili Padang meraih prestasi di tingkat lebih tinggi," katanya.

Dalam tim penilai ini sebutnya, terdiri atas beberapa perwakilan SKPD di seluruh kota yang terkait dengan kesehatan seperti Dinas Kebersihan Pertamanan, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan sebagainya.

"Penilaian dilakukan dari segala sisi dan bidang tidak hanya kesehatan," ujar Fitri yang juga Kepala Bagian Kesra Sekretaris Daerah Kota Padang.

Sementara itu salah satu guru SMA di Padang, Ani Adrizal mengapresiasi adanya lomba sekolah sehat ini.

Akan tetapi kata dia, butuh sosialisasi kepada siswa dan guru tentang lomba sekaligus makna di dalamnya.

"Jangan sampai pemikiran siswa hanya terpenjara pada lomba semata tanpa tahu bahwa tujuannya menjadikan sekolah yang sehat dan bersih seterusnya," ujarnya. (*)