Pesisir Selatan Raih Tiga Penghargaan Hari Pangan

id pesisir selatan, penghargaan, pangan

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan meraih tiga penghargaan pada Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-36 tingkat Provinsi Sumatera Barat yang digelar di Kota Solok, Kamis.

Penghargaan tersebut diterima Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni yang diserahkan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Penghargaan itu di antaranya Penghargaan Ketahanan Pangan Bidang Peningkatan Produksi Jagung Di Atas 5 Persen.

Selanjutnya, Juara I Penghargaan Adhi Karya Pangan Nusantara Kategori Pembina Ketahanan Pangan dan Juara III Penghargaan Adhi Karya Nusantara Kategori Pemangku Ketahanan Pangan.

Hendrajoni mengungkap kebanggaannya dan dia berharap momentum ini jadi penyemangat oleh pihak terkait dalam mewujudkan ketahanan pangan.

"Harus semangat lagi, terus kompak, mari bersama-sama wujudkan ketahanan pangan di Pesisir Selatan," ungkapnya.

Sementara itu, Irwan Prayitno mengapresiasi penerima penghargaan itu. Penghargaan tersebut bukan basa-basi tapi merupakan wujud perhatian pemerintah kepada petani.

"Tanpa petani pemerintah tidak bisa berbuat banyak, setiap hari mereka bekerja untuk untuk memenuhi kebutuhan pangan kita semua," katanya.

Namun dia berharap tanggung jawab swasembada pangan tidak hanya pada petani, namun juga pemerintah.

Ia juga mengingatkan bupati dan wali kota untuk meningkatkan produktivitas di sektor pangan dan pertanian dengan berbagai upaya salah satunya dengan mencetak sawah baru dan membuka lahan-lahan perkebunan baru.

Gubernur juga berpesan kepada masyarakat di provinsi itu untuk menata pola makan selain teratur diharapkan juga mengkombinasikan nasi dengan makanan lain seperti jagung, sagu, pisang dan lainnya. (*)