Catur Budaya Bandarlampung Pecahkan Rekor MURI

id catur

Bandarlampung, (Antara Sumbar) - Catur budaya yang digelar Percasi Kota Bandarlampung berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) dengan kategori ukuran papan catur terbesar 32x32 meter mengalahkan Kota Jember dengan ukuran 25x25 meter.

"Pemecahan rekor dengan ukuran papan catur terbesar, istimewanya menggunakan pakaian adat dan bisa menginspirasi atlet-atlet catur," kata Senior Manager MURI Yusuf Ngadri di Bandarlampung, Sabtu.

Dia mengatakan ukuran papan catur terbesar sebelumnya dicatat di Kota Jember dengan ukuran 25x25 meter, dan di Kota Bandarlampung berhasil memecahkan rekor baru dengan besar papan catur 32x32 meter.

Ia menyatakan dalam permainan catur budaya antara Ketua Umum KONI Bandarlampung Eva Dwiana dan grandmaster catur Indonesia Utut Adianto berakhir remis.

"Pemecahan rekor MURI dengan kategori permainan catur dengan bidang papan catur terbesar itu berakhir remis atau seri," kata dia lagi.

Utut Adianto mengatakan dengan digelar pemecahan rekor itu bisa menginspirasi KONI Kota Bandarlampung dan Percasi Kota Bandarlampung untuk meraih prestasi yang lebih baik.

"Kami sangat tersanjung atas pelantikan paling meriah dan megah untuk pengurus Percasi, sebagai orang catur saya tersanjung dan mudah-mudahan ini awal kebangkitan catur Lampung," kata dia lagi.

Menurutnya, pada tahun 80-an Lampung kerap mengirim atlet catur dan berhasil meraih medali di berbagai ajang bergengsi.

Karena itu, dia mengharapkan ke depan Lampung bisa berprestasi di PON dengan meraih banyak medali emas dari cabang catur.

"Ini merupakan titik kebangkitan, kami dari PB Percasi siap membantu pelatihan-pelatihan dan akan melihat lima tahun mendatang di PON Papua, Lampung harus merain emas," katanya pula.

Ketua Umum KONI Bandarlampung Eva Dwiana mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan dunia catur khususnya di Bandarlampung.

"Ini sebagai tonggak kebangkitan, apalagi gelaran ini dikatakan pak Utut merupakan pelantikan yang luar biasa," kata dia lagi.

Dia mengharapkan atlet catur di bawah naungan Percasi Kota Bandarlampung dapat meraih banyak gelar di berbagai kejuaraan baik skala nasional maupun internasional.

Ketua Pengkot Percasi Bandarlampung Wilson mengatakan selanjutnya bukan hanya ini saja kegiatan yang akan dilaksanakan, tapi masih banyak lagi. Dia juga optimistis catur Bandarlampung bisa bangkit..

"Dengan adanya kegiatan ini bisa membangkitkan gairah menekuni olahraga catur di kalangan muda, meskipun sudah ada bibit yang muncul dan telah meraih juara dalam kompetisi O2SN se-Asia yang digelar pada Agustus 2016 di Malaysia," kata dia pula. (*)