Gubernur Sumbar: Hebatnya Provinsi Tergantung Kualitas SDM

id Irwan Prayitno

Irwan Prayitno (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengatakan hebatnya sebuah provinsi sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dicetak oleh perguruan tinggi, salah satunya IAIN yang akan segera menjadi UIN.

"Hebatnya provinsi tergantung pada SDM, jadi mari sama-sama kita dukung IAIN secepatnya untuk menjadi UIN, agar bisa melahirkan SDM yang lebih berkualitas," katanya dalam sambutan acara Focus Group Discusion (FGD) di Aula Pascasarjana IAIN IB Padang, Jumat.

Menurutnya peralihan status IAIN menjadi UIN nantinya tentu akan ada banyak sarjana, master, doktor dan bahkan juga profesor yang memiliki kemampuan di bidang masing-masing.

"Lahirnya akademisi ini merupakan aset yang nantinya diharapkan bisa bersama-sama membangun masyarakat dan juga bermanfaat bagi Sumbar," ucapnya.

Terkait peralihan status IAIN menjadi UIN, ia mengatakan bahwa ia sangat mendukung penuh peralihan status tersebut, bahkan ia telah menyatakan dukungannya sejak jauh-jauh hari.

"Sudah seharusnya kita mendukung penuh peralihan status ini, sebagaimana diketahui IAIN Imam Bonjol adalah kampus agama yang tertua di Sumatera," kata dia.

Selanjutnya ia mengatakan jika nanti dibutuhkan, ia siap untuk ikut menemui menteri guna meyakinkan mereka agar segera menyetujui perubahan status ini.

"Saya mengharapkan setelah ini rektor bisa segera menindaklanjutinya, nanti kita akan persiapkan segala yang perlu untuk dipersiapkan, kalau perlu saya akan ikut terjun langsung menemui menteri, demi kebaikan Sumbar," katanya.

Sementara itu, Rektor IAIN Imam Bonjol Padang, Eka Putra Wirman mengatakan hingga dilakukannya visitasi oleh Kemensesneg ini, pihaknya telah berupaya untuk melakukan yang terbaik.

"Kita sudah bekerja keras, semoga saja dapat memberikan hasil yang baik, dan bisa memberikan dampak positif bagi Sumatera Barat," ucapnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar