Kementerian Perdagangan Apresiasi Lagu "Nasi Padang"

id lagu nasi padang

Padang, (Antara Sumbar) - Kementerian Perdagangan mengapresiasi lagu berjudul "Nasi Padang" yang diciptakan seorang pria asal Norwegia Audun Kvitland Rostad yang diunggah videonya di situs youtube.

"Lagunya bagus, suaranya juga oke saya usulkan yang bersangkutan jadi duta kuliner," kata Kepala Pusat Penanganan Isu Strategis Kementerian Perdagangan, Ni Made Ayu Marthini di Padang, Kamis.

Ia menyampaikan hal itu pada Forum Konsultasi dan Identifikasi Isu Strategis Perdagangan dengan tema Menuju Produk Unggulan Sumbar Yang Juara dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar Asben Hendri serta pemangku kepentingan terkait.

Menurut dia lagu yang menceritakan tentang kelezatan nasi Padang tersebut akan memperkuat merek makanan asal Sumbar yang selama ini sudah populer.

"Orang luar saja bangga dengan produk kita, tentu kita harus lebih mencintai produk negeri sendiri," katanya.

Ia mengatakan akan mencari tahu siapa Audun Kvitland Rostad dan memberikan apresiasi atas lagu yang diciptakan tersebut.

Sebelumnya Audun Kvitland Rostad mengunggah lagu berjudul Nasi Padang dalam bahasa Inggris melalui akun Kvitland di situs youtube pada 4 Oktober 2016 dan mendapat sambutan hangat netizen di dunia maya.

"Hai nama saya Audun, saya berasal dari Norwegia. Musim panas lalu saya jalan-jalan ke Indonesia selama beberapa minggu. Seketika itu saya jatuh cinta. Jadi saya membuat lagu ini," ucap Audun mengawali lagu.

Dalam lirik lagu tersebut bahkan ia siap menikahi jika nasi padang itu seorang perempuan. Rasanya belum lengkap kehidupan jika belum menikmati nasi Padang.

"Bila kau adalah manusia, aku akan menikahimu...." demikian penggalan lirik lagunya.

Pada lagu tersebut ia juga menyarankan agar menyantap nasi Padang menggunakan tangan karena akan terasa lebih nikmat.

Pria yang mengaku penggemar berat nasi Padang itu juga menyebut kenikmatan sambal hijau dan mencuci tangan menggunakan kobokan.

Dengan memainkan gitar dalam lirik lagu ia mengatakan rasa paling lezat yang pernah ia coba dalam hidup adalah nasi padang dan hidup terasa kurang jika belum menyantapnya.

Melalui lirik sederhana dan dimainkan dengan musik jenis pop video tersebut membuat Nasi Padang menjadi topik populer di jejaring sosial twitter.

Video berdurasi 3 menit 10 detik itu telah ditonton 70 ribu kali dan mendapat sambutan hangat serta apresiasi pengguna internet.

"Suara dan musiknya bagus, kreatif dan keren saya jadi ingin makan nasi Padang setelah menontonnya," ujar Farah salah seorang warga Padang yang telah menyaksikan video tersebut. (*)