Wako Harapkan Sinergitas KPU dan Pemkot

id sinergitas, kpu, pemkot

Padang, (Antara Sumbar) - Wali kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengharapkan adanya sinergitas antara kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pemerintah kota (Pemkot).

"Sinergitas dapat terjalin baik khususnya dalam hal pelaksanaan pilkada dan pemlihan umum," katanya, usai menghadiri pelantikan sekretaris KPU Padang, di Padang, Senin.

Menurutnya dalam persiapan untuk penyelenggaraan pemilukada tentunya KPU membutuhkan sosialisasi kepada masyarakat.

Sebaliknya pemerintah juga membutuhkan pemahaman tentang pilkada kepada masyarakat agar berjalan lancar.

Dalam dua persoalan ini bila dikoordinasikan satu sama lain tentu akan menghasilkan hubungan yang selaras dan saling membutuhkan.

"Penyelenggaraan pemilu tentu berat, saat ini sosialisasinya pun tidak mudah," tambahnya.

Menurut dia dengan menanamkan kepercayaan antara KPU dan Pemkot tentu akan memudahkan tugas tersebut.

Sebagai contoh baik pejabat pemerintah maupun KPU saling transparan dalam informasi, menghindari konflik dan menjauhkan dari praktek korupsi.

"Bila kesemua hal tersebut dapat dijaga maka akan meningkatkan kepercayaan masyarakat pada pelaksanaan pilkada," ujarnya.

Disamping itu bukan tidak mungkin, partisipasi masyarakat untuk ikut pemilu atau pilkada akan meningkat.

Senada pengamat kebijakan publik dari Universitas Andalas, Aidinil Zetra menilai menurunnya partisipasi masyarakat ikut serta dalam pemilu atau pilkada karena rendahnya kepercayaan pada penyelenggaran pemilu tersebut.

Menurutnya, praktek KKN dan politik uang menjadi penghambat kepercayaan masyarakat.

Untuk itu dia berharap baik pemerintah maupun KPU bersinergi dalam upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemilu. (*)