Mewisuda 487 Lulusan, Alumni Siap Besarkan IAIN Batusangkar

id Wisuda IAIN Batusangkar

Mewisuda 487 Lulusan, Alumni Siap Besarkan IAIN Batusangkar

Rektor IAIN Batusangkar Dr. Kasmuri bersama Pembantu Rektor dan guru besar saat acara wisuda (adv)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar mewisuda sebanyak 487 lulusan pada Wisuda Angkatan II 2016 sejak berubah status dari STAIN Batusangkar berdasarkan Peraturan Presiden nomor 147 tahun 2015 dan Peraturan Menteri Agama noor 21 tahun 2016 tentang organisasi dan tata kerja IAIN Batusangkar.

"Sebagai alumni, saudara sudah menjadi bagian dan sebagai duta yang akan membesarkan IAIN Batusangkar dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dimana saudara berada," kata Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA pada acara wisuda di Auditorium IAIN Batusangkar, Rabu (28/9).

Rektor menyebut selama ini alumni IAIN Batusangkar telah memberikan warna, maka jangan lupakan dan banggalah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kampus ini.

"IAIN Batusangkar akan kehilangan warna tanpa alumninya yang ditakdirkan menjadi orang hebat, maka berfikir, bertindak, dan bercita-citalah yang hebat-hebat, sehingga IAIN Batusangkar akan tampak hebat di mata dunia," tutur Kasmuri.

Rektor menyatakan bahwa para wisudawan/ti akan menjadi sumber daya insani yang berkualitas.

"Gelar sarjana dan ilmu kesarjanaan yang sudah diperoleh ini bukanlah segalanya, ini baru awal dari sebuah perjalanan panjang untuk meraih masa depan. Gelar sarjana dan ilmunya, adalah ibarat kunci lemari, khazanah ilmu pengetahuan," katanya.

Rektor berharap para wisudawan/ti dapat memanfaatkan kunci itu dengan baik untuk membuka lemari khazanah yang akan membawa kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Dalam hidup ini, Nabi Muhammad SAW sudah memberikan teladan, empat sifat yang harus dimilki umatnya yaitu siddik, amanah, fathonah dan tabligh, dan menghindari tiga sifat yakni apabila berkata selalu dusta dan berbohong, apabila berjanji selalu mungkir, dan apabila dipercaya selalu khianat," kata Kasmuri.

Sementara, Sekretaris Daerah Tanah Datar Drs. Hardiman menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan/ti yang telah berhasil menamatkan kuliahnya dengan harapan ilmu yang diperoleh dapat digunakan meningkatan kesejahteraan dan membuat lapangan pekerjaan baru.

Ia mengajak para wisudawan/ti bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam merumuskan permasalahan pendidikan sebagai modal utama memajukan masyarakat.

"Kepada seluruh mahasiswa dan keluarga besar IAIN Batusangkar untuk berperan menyukseskan pembangunan daerah," tuturnya.

Ketua Panitia Pelaksana Wisuda Dr. Irman, M.Pd mengatakan sebanyak 487 wisudawan/ti IAIN Batusangkar angkatan II ini berasal dari Program Pascasarjana (S2) sebanyak 25 orang, Program Sarjana (S1) 409 orang dan Diploma III 53 Orang.

Irman menjelaskan untuk Program Pascasarjana terdiri dari Bidang Studi Manajemen Pendidikan Islam 14 orang, Bidang Studi Hukum Ekonomi Syariah 4 orang dan Bidang Studi Pendidikan Agama Islam 7 orang.

Progam Sarjana (S1) terdiri dari, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan 301 orang, terbagi 10 jurusan yaitu Jurusan Pendidikan Agama Islam 37 orang, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 35 orang, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam 11 orang, Jurusan Kependidikan/BK 10 orang, Jurusan Tadris Bahasa Inggris 45 orang, Jurusan Tadris Matematika 42 orang, Jurusan Biologi 33 orang, Jurusan Tadris Fisika 19 orang, Bimbingan Konseling 45 orang, dan Jurusan Pendidikan Guru Raudahtaul Athfal (PGRA) 24 Orang.

Fakultas Syariah meluluskan 16 orang terdiri dari Jurusan Ahwalul Syakhshiah 7 orang dan Jurusan Ekonomi Syariah 9 orang.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mewisuda 145 orang, terdiri dari Jurusan Perbankan Syariah 45 orang. Jurusan Akuntansi Syariah 32 orang, Jurusan Manajemen Informatika Diploma III 53 orang.

Sementara untuk Fakultas Usuluddin, Adab dan Dakwah sebagai fakultas termuda di IAIN Batusangkar saat ini belum melahirkan sarjana.

Selain itu, IAIN Batusangkar memutuskan 5 orang wisudawan terbaik berdasarkan Surat Keputusan Rektor nomor B/In.27/R/PP.00.9/09/2016 tanggal 22 September 2016 yakni Zainal Ridho (Program Studi Hukum Ekonomi Syariah S2) dengan IPK 3.75, Fauziah Ardi (Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Bimbingan Konseling S1) dengan IPK 3.98, Yulai Fatma (Fakultas Syariah Jurusan Ahwal Al-Syakhshiah S1) dengan IPK 3.86, Yanti Putri Yanis (Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam S1), dengan IPK 3.90, dan Rizki Ahmad, (Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam DIII) dengan IPK 3.92.

Untuk Penelitian Terbaik ditetapkan sebanyak 17 orang berdasarkan SK Rektor Nomor B./In.27/R/PP.00.9/09/2016 tanggal 22 Sepetember 2016 yakni Adri Junaidi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri S2), Dasri Sila (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam S2), Adil Fakhru Roza, (Program Studi Hukum Ekonomi Syariah S2), Netri Astuti, (Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan S1), Nurul Fakhrin, (Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Faklutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan S1).

Gusrina Evikasari, (Jurusan Manejemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan S1), Saki Milani, (Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Keguruan S1), Baiti Mistini, (Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan S1), Salni Riau Wana, (Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan S1), Wulan Anggel Valista, (Jurusan Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan S1), Fauzi Rahmi (Jurusan Kependidikan islam/Bimbingan Konseling).

Nirmala Sari, (Jurusan pendidikan guru Raudhatul Atfhal (PGRA), Anshari Az-Zarqy (Jurusan Ahwal Al-Syakhshiyyah), Darmayanti (Jurusaan Hukum Ekonomi Syariah), Ertin Putri Yeviana (Jurusan Perbankan), Meidya Putri (Jurusan Ekonomi Syariah Konsentrasi Akuntansi Syariah) dan Dwi Ramadhana, (Jurusan Manajemen Informatika). (*)