Rio Haryanto Belum Pasti Tampil di Sepang

id Rio Haryanto, formula 1, sepang

Bogor, (Antara Sumbar) - Pebalap nasional Rio Haryanto belum pasti tampil membela tim Manor Racing pada lomba balap mobil race ke-16 Formula Satu (F1) di Sirkuit Sepang, Malaysia, 30 September hingga 2 Oktober 2016.

"Sampai sekarang belum ada pemberitahuan dari tim Manor Racing," kata Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Menurut dia, Rio Haryanto turun mengikuti balapan jika ada 'driver' dari Manor Racing yang berhalangan. Pebalap asal Solo, Jateng, tersebut tetap mendampingi tim berangkat ke Sepang, Malaysia. "Rio berangkat ke Malaysia pada Rabu (28/9)," katanya.

Saat ini Manor Racing sudah ada dua pebalap yaitu Pascal Wehrlein dan Esteban Ocon setelah tim tersebut memutus kontrak Rio Haryanto karena yang bersangkutan tidak mampu memenuhi kewajiban kontrak.

Ketika ditanya soal penjajakan tim untuk ajang lomba balap mobil F1 2017, dia mengatakan, memang sedang dilakukan tetapi dirinya belum bisa menyebutkan nama timnya, apalagi mereka belum mengumumkan pebalap-pebalapnya.

Pebalap nasional Rio Haryanto sedang melakukan penjajakan untuk bergabung dengan tim yang akan berlaga pada lomba balap mobil Formula Satu (F1) 2017.

"Ya'...kami sedang melakukan penjajakan tim di mana Rio akan bergabung untuk musim balap tahun depan," kata Indah Pennywati saat itu.

Ia menyebutkan, sudah ada dua hingga tiga tim yang dijajaki manajemen Rio Haryanto untuk musim balap tahun depan.

Hanya saja Indah Pennywati belum bersedia menyebutkan nama tim-tim yang sudah dijajaki untuk pembalap nasional berusia 23 tahun tersebut. "Untuk tim masih belum bisa kami sebutkan," katanya menegaskan.

Tetapi, lanjut dia, semuanya juga tergantung pada kesiapan sponsor dan manajemen Rio Haryanto juga sedang melakukan penjajakan untuk sponsornya. "Kami masih melakukan penjajakan untuk sponsor," katanya.

Usai race ke-16 di Malaysia, lomba balap mobil F1 206 akan dilanjutkan di Sirkuit Suzuka, Jepang, 7-9 Oktober, kemudian Amerika Serikat, 21-23 Oktober 2016, kemudian Meksiko, Brzil, dan Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. (*)