PLN Bantu Hijaukan Siberut

id penghijau#mentawai

PLN Bantu Hijaukan Siberut

PLN Sumbar lakukan penghijauan di Siberut, Kepulauan Mnetawai. (cc)

Siberut (Antara) PLN Wilayah Sumbar bersama-sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar melakukan kegiatan penanaman pohon di PLTD Pokai, Muara Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai pada akhir pekan lalu.

Kegiatan yang dihadiri oleh Forkopimka Siberut ini merupakan wujud kepedulian PLN terhadap lingkungan yaitu kondisi tanah yang terkena abrasi air laut. Hal ini juga dilaksanakan dalam rangka menyambut hari Listrik Nasional ke-71 yang jatuh pada tanggal 27 Oktober yang akan datang dan memperingati Hari Konservasi Alam Nasional.

Manajer Niaga PLN Wilayah Sumbar, Dwi Purnomo, menyampaikan bahwa PLN merencanakan akan melakukan penanaman mangrove sebanyak 8000 pohon yang akan ditanam di empat lokasi PLTD, yaitu Mailepet, Saibi, Saibaru dan Peipei. Beliau juga berpesan agar masyarakt setempat menjaga pohon-pohon ini sehingga alam

tetap lestari.Agustinus Sabebekan, Camat Siberut Utara sekaligus mewakili Bupati Kepulauan Mentawai mengucapkan terima kasih kepada PLN Wilayah Sumbar dan BKSDA Sumatera Barat. Dalam sambutannya, beliau menghaturkan harapan agar kegiatan penghijauan ini dapat mengurangi abrasi yang terkikis oleh air laut.

Sebelumnya PLTD Sikabaluan hancur karena abrasi. Untuk menghindari kejadian berulang, penghijauan sebaiknya dilakukan secara terus menerus dengan tidak sekedar menanam melainkan juga memelihara dan dijaga bersama. PLN Wilayah Sumbar sudah melakukan upaya menanam, selanjutnya masyarakat yang akan memelihara.***