Semen Padang Dorong Penguatan Peran Forum Nagari

id semen padang, csr, forum nagari

Padang, (Antara Sumbar) - Perseroan Terbatas Semen Padang mendorong penguatan peran Forum Nagari yang ada di Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dan membangun kemandirian.

"Kehadiran Forum Nagari diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat dan menjembatani kebutuhan warga," kata Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum (KSU) PT Semen Padang Iskandar Z. Lubis di Padang, Rabu.

Ia menyampaikan hal itu pada acara lokakarya "Basinergi Membangun Nagari" CSR Semen Padang dengan tema "Harmonisasi, Sinergitas Kemandirian, dan Keberlanjutan".

Iskandar berharap agar ke depan, komunikasi antara Forum Nagari dan CSR Semen Padang dapat ditingkatkan sehingga setiap program kegiatan yang diajukan Forum Nagari ke CSR Semen Padang lebih tepat sasaran.

Iskandar menjelaskan bahwa Forum Nagari merupakan wadah perhimpunan lembaga-lembaga sosial ekonomi masyarakat, kerapatan adat nagari, dan pemangku kepentingan yang pembentukannya diprakarsai PT Semen Padang melalui kesepakatan deklarasi di Bukittinggi pada tanggal 31 Januari 2015.

Saat ini, menurut dia, di Kecamatan Lubuk Kilangan telah terbentuk tujuh forum nagari kelurahan untuk mengoordinasikan dan menyinergikan kegiatan pemberdayaan masyarakat, pemerintah, dan perusahaan dalam mengoptimalkan sumber daya, keahlian, dan adat nagari secara berkelanjutan.

Selanjutnya, mengonsultasikan program-program pemberdayaan masyarakat yang dapat mendukung program "Basinergi Membangun Nagari" serta mengomunikasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat kelurahan kepada semua pemangku kepentingan, baik di dalam kelurahan maupun di luar.

Berikutnya, mendayagunakan modal sosial masyarakat kelurahan dalam menggerakkan kegiatan pemberdayaan masyarakat, khususnya komunitas sasaran yang telah ditetapkan.

Selain itu, menumbuhkembangkan jalinan komunikasi dan informasi yang harmonis dan bersikesinambungan dalam melaksanakan program pemberdayaan masyarakat antarlembaga dan kelompok-kelompok yang ada di tingkat kelurahan dan program lintas kelurahan yang dilaksanakan di tingkat Kecamatan Lubuk Kilangan.

Sementara itu, Camat Lubuk Kilangan Padang Yalmasri menilai Forum Nagari merupakan wadah untuk menjembatani kebutuhan masyarakat terhadap PT Semen Padang.

Untuk itu, dia berharap agar masyarakat ikut serta mengawasi setiap kegiatan yang dilakukan Forum Nagari, mengingat dana yang dikucurkan CSR Semen Padang kepada masing-masing Forum Nagari relatif cukup besar.

"Saya juga mengimbau semua forum nagari juga menyosialisasikan kepada masyarakat apa-apa saja yang diprogramkan dan melibatkan perangkat kelurahan, seperti lembaga pemberdayaan masyarakat," katanya.

Sejalan dengan itu, konsultan CSR PT Semen Padang Iskandar Sembiring mengatakan bahwaForum Nagari, khususnya Lumbung Keuangan Nagari, harus lebih aktif menyerap dana dari pihak lain.

"Jangan hanya dari CSR Semen Padang, dari sumber lain juga harus diserap, seperti dari pemerintah dan perbankan," katanya.

Pengurus Forum Nagari Kelurahan Beringin Jhony Syafrianto mengatakan bahwa Forum Nagari yang didirikan CSR PT Semen Padang bermanfaat untuk masyarakat. (*)