Pemkab Dorong UMKM Kerja Sama Lintas Sektor

id kerja sama, lintas sektor, umkm

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mendorong pelaku UMKM di daerah itu menjalin kerja sama lintas sektor, seperti dengan pihak perbankan dan perusahaan bidang pemasaran.

"Ini komitmen pemerintah dalam mendukung keberadaan UMKM sebagai salah satu penggerak perekonomi daerah yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan UMKM Dharmasraya Khauiruddin di Pulau Punjung, Selasa.

Ia menyampaikan gal itu dalam kegiatan fasilitas kerja sama kemitraan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) dengan swasta seperti Bank Nagari dan pusat pemasaran Cristine Hakim Padang, yang digelar pemerintah setempat, di Hotel Umega Gunung Medan.

Ia mengatakan langkah startegis tersebut diyakini mampu meningkatkan peran UMKM dalam mengembangkan dan meningkatkan hasil produksi, sehingga dapat bersaing dengan produk dari luar.

Ia mengatakan kerja sama dalam bentuk kemitraan usaha adalah strategi kebijakan untuk mengembangkan UMKM, karena dalam memajukan UMKM pemerintah akan sulit jika berjalan sendiri.

"Pemberdayaan UMKM tersebut merupakan salah satu alternatif bagi pemerintah untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Menurutnya dengan terciptanya UMKM yang tangguh dan mandiri maka pendapatan masyarakat meningkat.

"Saya yakin dengan cara kemitraan akan lebih efektif untuk pengusaha UMKM dapat memperoleh pelatihan, pendampingan dan modal awal guna melahirkan pengusaha mandiri yang tangguh," ujarnya.

Ia menambahkan sebanyak 30 peserta UMKM dari berbagai latar belakang usaha industri pangan dan sandang mengikuti kegiatan Fasilitasi Kerjasama Kemitraan UKM dengan swasta ini.

"Kami akan terus dorong agar pelaku UMKM kita terus mampu menambah modal, meningkatkan kualitas produksi, hingga pemasaran. Salah satunya kerja sama dengan swasta," katanya. (*)