Taekwondo Sumbar Targetkan Satu Medali EmasPON

id PON, Taekwondo

Bandung, (Antara Sumbar) - Kontingen cabang olahraga Taekwondo Sumatera Barat (Sumbar), menargetkan dapat meraih satu medali emas dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016, di Jawa Barat.

"Kami menargetkan satu dari enam taekwondo-in Sumbar raih emas dalam PON ini," kata ketua pengurus provinsi cabang taekwondo Sumbar, Handrianto di Bandung, Selasa.

Dia menyebutkan pada PON ini Sumbar akan mengandalkan dua taekwondo-in yakni pada putra Marstyo dan Delfa di putri.

Menurutnya Marstyo yang akan tampil di nomor under 54 Kilogram putra berpeluang merebut emas bersama jagoan dari Jateng, DKI Jakarta dan Jawa Barat seperti Renaldi dan Ahmad Nabil.

Sejauh ini peluang Marstyo cukup besar bila berkaca pada prestasi sebelum PON yakni meraih medali perak di pra PON, selain itu juga merupakan pemain pelatnas.

Sedangkan Delfa yang akan turun di kelas unser 73 Kilogram putri berpeluang meraih emas karena prestasi menjadi juara kejurnas tahun 2014 serta perunggu di Pra PON lalu.

"Diharapkan salah satu atau justru keduanya mampu menyumbangkan emas," tambahnya.

Selain dua atlet tersebut, empat takwondo-in lain juga memiliki peluang yang sama dengan catatan mampu bermain percaya diri dengan mental kuat.

Keempat atlet tersebut antara lain Ramon Satria nomor under 64 Kilogram, pemilik perunggu PON 2012 Olga Gafi yang turun di under 72 Kilogram, Fadilah Nesa, dan Nanda Fajar Cakti yang akan turun di under 58 kilogram.

"Saat ini kesemua atlet masih di Sumbar untuk latihan, dua hari jelang bertanding akan datang ke Jabar," kata dia.

Dia menyebutkan atlet Sumbar akan mulai bertanding di PON pada tanggal 25 September 2016, sedangkan atlet akan datang pada 22 September 2016.

Pertandingan akan dihelat di FPOK UPI Bandung pada 25 hingga 28 September 2016.

"Kami berharap dukungan dari seluruh warga Minang agar kesemua taekwondoin memperoleh medali," ujarnya. (*)