Kemenag Tanah Datar Latih Guru Tahfiz Al Quran

id hafizh, al quran

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), melatih guru tahfiz Al Quran tingkat madrasah di daerah itu.

"Pelatihan guru tahfiz ini berperan penting dalam mendukung pelaksanaan program pemerintah daerah meningkatkan iman dan taqwa umat," kata Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar, Malikia saat membuka pelatihan di Batusangkar, Selasa.

Ia menyebutkan pelatihan guru tahfiz ini sekaligus mendukung program menjadikan Kabupaten Tanah Datar sebagai Kabupaten Tahfiz.

"Guru Agama madrasah atau sekolah yang ikut dalam pelatihan ini diharapkan mampu mengajarkan siswanya untuk menjadi hafizd dengan menyajikan metode cepat menghafal Al Quran," terangnya.

Ia mengingatkan jangan sampai ada siswa madrasah yang tidak mau belajar menghafal Al Quran, apalagi tidak pandai baca huruf Al Quran.

"Siswa yang Hafiz Al Quran tentu dapat membentengi dirinya dari pengaruh yang tidak baik dalam kehidupannya, mereka tentu mempunyai kepribadian kuat dan tidak mudah terpengaruh hal negatif di lingkungan sekitarnya," tambahnya.

Sementara Ketua Panitia Pelatihan itu, Masnefi menjelaskan kegiatan ini terdiri dari tiga angkatan yaitu angkatan pertama pada 20 dan 21 September 2016, angkatan kedua, 26 dan 27 September, dan angkatan ketiga, 28 dan 29 September 2016.

"Pelatihan guru tahfiz ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan di Tanah Datar, dan untuk selanjutnya akan diselenggarakan secara rutin," katanya.

Nara Sumber yang memberikan materi dalam pelatihan ini adalah Muhamad Abrar, Lc. MA dan Irsyad, SM. IQ. (*)