Pesawat Kloter 3 Debarkasi Batam Tertunda

id pesawat, debarkasi, batam, delay

Batam, (Antara Sumbar) - Penerbangan yang membawa 49 orang jamaah haji Kelompok Terbang 3 Debarkasi Hang Nadim Batam tertunda sekira satu jam dari jadwal yang direncanakan, pada Senin (19/9) pukul 17.35 WIB menjadi 18.24 WIB.

"Masih kena imbas sekira 50 menit mundur," kata Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji Debarkasi Hang Nadim Batam, Syahbudi di Batam, Kepulauan Riau, Senin.

Penundaan penerbangan pesawat milik Maskapai Saudi Arabian Airlines yang membawa jamaah haji asal Pekanbaru Riau itu karena padatnya jadwal di Bandara King Abdul Aziz Jedah.

Meski begitu, ia memastikan kejadian itu tidak akan mempengaruhi jadwal pemulangan jamaah ke daerah karena jamaah dijadwalkan menginap semalam di Asrama Haji Batam.

Berdasarkan jadwal PPIH Debarkasi Batam, jamaah kloter 3 dipulangkan ke Pekanbaru dalam tiga kali penerbangan pada Selasa (20/9), yaitu sebanyak 215 orang pada pukul 07.00 WIB, sebanyak 214 orang pada pukul 10.00 WIB dan sebanyak 15 orang pada pukul 14.35 WIB.

Seluruh penerbangan menggunakan maskapai Lion Air melalui Bandara Hang Nadim Batam.

Sementara itu, Syahbudi mengingatkan agar jamaah menaati semua peraturan di bandara keberangkatan agar jadwal penerbangan tepat waktu.

"Karena, delay selain disebabkan kepadatan jadwal di Bandara, juga karena jamaah tidak disiplin," katanya.

Misalnya, ada jamaah yang membawa air zam zam di dalam koper, padahal sudah dilarang oleh Pemerintah Arab Saudi.

Bila saat pemeriksaan ditemukan ada air dalam koper, maka dibongkar. "Ini memakan waktu lama, sehingga jadwal penerbangan mundur," katanya.

Selain itu, pemeriksaan metal detektor di bandara juga menjadi kendala.

Karena masih ada jamaah yang menggunakan ikat pinggang dan barang lainnya yang terbuat metal dan logam saat hendak masuk pesawat, sehingga harus dibuka terlebih dulu. Dan itu memakan waktu. (*)