PON - Pecatur Sumbar Pimpin Sementara Catur Cepat Putra

id catur

PON - Pecatur Sumbar Pimpin Sementara Catur Cepat Putra

Catur. (Antara)

Bandung, (Antara Sumbar) - Pecatur Sumatera Barat NM Ruby Tamono dan DKI Jakarta FM Novendra Pihasmoro memimpin sementara kategori catur cepat perorangan putra di PON 2016 di Bandung, Jawa Barat. Keduanya mengumpulkan nilai 3,5 poin setelah bermain remis pada babak keempat yang dihelat Sabtu (17/9).

Khusus bagi Ruby Tamono pencapaian ini menjadi kejutan karena mampu unggul sementara atas pecatur favorit nasional semisal GM Susanto Megaranto yang baru mengumpulkan nilai 3.

Dikonfirmasi usai pertandingan Sabtu (17/9) malam, Ruby Tamono menyatakan kegembiraannya karena mampu bersaing dengan pecatur papan atas nasional yang berkelas internasional.

"Alhamdulillah, sejauh ini saya mampu menjaga asa. Semoga ini bisa terus saya pertahankan, ujar," Ruby.

Ruby yang mengaku mengalami gangguan perut saat bertanding menghadapi NM Novendra bertekad akan mempertahankan konsistensinya hingga lima babak berikutnya untuk meraih emas.

"Tidak ada yang tidak mungkin, berharap dukungannya," kata dia.

Terpisah pelatih catur Sumbar NM Mei Afrizal dikonfirmas Minggu, mengaku terkejut dengan pencapaian tersebut.

Menurutnya setelah hanya menempati peringkat tujuh di catur kilat, Ruby bangkit dan terlihat lebih percaya diri saat masuk babak pertama catur cepat.

"Tidak terlihat sakit yang dialaminya, dan begitu percaya diri sesuai janjinya usai kekalahan," tambahnya.

Dia berharap Ruby mampu mempertahankan konsistensinya dan merebut lima babak berikutnya untuk meraih emas.

Sementara itu sebelum memulai babak kelima ini Ruby Tamono Ruby meraih kemenangan atas pecatur Gorontalo Kasmen Lahay di babak pertama, kemudian di babak kedua menumbangkan pecatur Jatim M. Agus Kurniawan dan di babak ketiga, mengalahkan pecatur senior Sumsel Kasmiran. (*)