Pecatur Nasional Dominasi Catur Cepat Perorangan

id Pecatur Nasional

Bandung, (Antara Sumbar) - Tiga pecatur putri andalan Indonesia untuk ajang internasional WGM Irene Kharisma Sukandar, WGM Medina Warda Aulia dan WIM Chelsie Monica Sihite mendominasi pertandingan catur cepat nomor perorangan putri di PON 2016 di Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Pecatur tuan rumah Jabar, Irene yang sudah sangat berpengalaman dengan memiliki jam terbang internasional sementara hingga babak keempat memimpin sendirian dengan mengumpulkan 4 poin dari hasil empat kemenangan pertandingan.

Sedangkan tiga pecatur lainya Medina (DKI), Chelsie (Kaltim) dan WNM Wita Rahayu (NAD) berbagi posisi dengan sama-sama mengumpulkan 3 poin.

"Di catur cepat ini bisa penuh kejutan, pecatur harus tetap waspada dan tetap fokus untuk bisa meraih kemenangan," kata Medina.

Di nomor perorangan putra catur cepat, secara mengejutkan pecatur Sumatra Barat NM Ruby Tamono dan FM Novendra Prihasmoro (DKI) sama-sama mengemas 3,5 poin dan untuk sementara memimpin setelah babak keempat.

Sementara itu pecatur papan atas putra Indonesia GM Susanto Megaranto (Jabar) mengemas 3 poin bersama NM Anasrullah (Babel) dan NM M. Johan Goliong (Sulbar).

"Sekarang kekuatan pecatur merata, tidak bisa dikatakan pecatur dari daerah ini kuat dan tidak," kata pecatur Jawa tengah IM Muhammad Lutfi Ali yang mengaku baru pertamakali mengikuti PON seusai bertanding.

Catur cepat PON 2016 masih akan mempertandingkan lima babak pertandingan lagi pada Minggu (18/9). (*)