FKPT Sumbar Rangkul Dai Redam Radikalisme

id fkpt Sumbar

FKPT Sumbar Rangkul  Dai  Redam Radikalisme

Kepala Kesbangpol Sumbar Zul Aliman memberikan pembekalan kepada para dai tentang pencegahan terorisme dan radikalisme.

Bukittinggi, (Antara Sumbar ) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumatera Barat (Sumbar) merangkul dai yang ada di provinsi itu berpartisipasi meredam radikalisme.

"Sebanyak 150 dai se-Sumbar kami rangkul untuk meningkatkan kinerja penanggulangan terorisme dengan memberikan pencerahan dan langkah-langkah pencegahan dini terorisme," kata Kabid Humas dan Media FKPT Sumbar, Eko Yanche Edrie di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Kamis.

Ia mengatakan dalam pembekalan tersebut hadir sebagai narasumber guru besar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Prof Syahrin Harahap, peneliti dari The Nusa Institute, Masud Halimin

Kemudian akademisi IAIN Imam Bonjol Padang Dr Zaim Rais, dan Kepala Kesbangpol Sumbar Zul Aliman yang dipandu oleh Kabid Humas FKPT Sumbar Eko Yanche Edrie dan aktifis pemuda dan dakwah Agus Rianto.

Menurutnya melalui kegiatan tersebut diharapkan para dai mampu memainkan peran yang lebih signifikan dalam membentengi masyarakat dari penyebaran paham radikal dan terorisme dengan dakwah yang baik dan benar sesuai nilai-nilai utama Islam.

FKPT Sumbar akan terus menggalang kekuatan seluruh komponen masyarakat untuk menghadang radikalisme dan terorisme dengan memberikan informasi yang berimbang serta melakukan pencegahan dini, katanya yang juga menjabat Sekum PWI Sumbar.

Ia berharap para dai menjadi ujung tombak penyebaran Islam damai dan mencegah penyebaran paham radikal di masyarakat.