BNNK Agam: Camat Bentuk Nagari Bebas Narkoba

id pencegahan, narkoba, agam

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Badan Narkotika Nasional Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mendorong seluruh camat di daerah itu untuk membentuk satu nagari bebas dari penyalahgunaan narkotika dan obat-obat terlarang (Narkoba).

"Kami telah menyampaikan ini kepada 16 camat se-Agam dan ini merupakan langkah awal dalam pembentukan nagari bebas dari penyalahgunaan narkoba. Ini merupakan arahan dari Bupati Agam Indra Catri," kata Sekretaris BNNK Agam Rahman di Lubuk Basung, Selasa.

Pihaknya berharap dalam waktu sudah terbentuk nagari bebas penyalahgunaan narkoba di masing-masing kecamatan.

Dengan terbentuknya nagari bebas penyalahgunaan narkoba ini maka wali nagari beserta tokoh masyarakat dan masyarakat memiliki kepedulian dalam membrantas narkoba di daerah mereka dengan cara memberitahukan penyalahgunaan narkoba kepada pihak kepolisian.

Sehingga, katanya tidak ada ruang gerak bagi pengguna dan pengedar narkoba di daerah itu.

"Ini yang kita harapkan, karena tanpa dukungan maka pihak kepolisian tidak bisa mengungkap kasus itu," katanya.

Saat ini baru Nagari Kapau, Kecamatan Tilatang Kamang yang telah membentuk nagari bebas dari penyalahgunaan narkoba ini dua tahun silam.

Pembentukan nagari bebas dari penyalahgunaan narkoba ini karena kasus sangat tinggi di Agam.

Kapolres Agam AKPB Eko Budhi Purwono melalui Paur Humas Polres Agam Aiptu Yan Frizal menambahkan, Polres Agam berhasil mengungkap sebanyak 22 kasus penyalahgunaan narkoba pada 2016.

Sementara pada 2015 sebanyak 23 kasus, pada 2014 sebanyak 11 kasus, dan 2013 sebanyak 10 kasus.

"Kasus ini akan terjadi peningkatan karena masih ada tersisa tiga bulan lagi," katanya.

Dalam meminimalisasi kasus penyalahgunaan narkoba, Polres Agam bekerjasama dengan BNNK Agam mengadakan sosialisasi bahaya narkoba kepada pelajar, organisasi kepemudaan dan lainnya.

Sosialisasi ini telah diadakan setiap ada pertemuan dengan pelajar, organisasi kepemudaan dan masyarakat.

Namun pihaknya berharap kepada orang tua untuk selalu mengawasi pergaulan anak mereka.

Camat Lubuk Basung, Helton menambahkan pihaknya akan mempersiapkan nagari untuk dijadikan nagari bebas dari penyalahgunaan narkoba.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat dicanangkan sehingga kasus penyalahgunaan narkoba berkurang di kecamatan itu," katanya. (*)