Presiden Jokowi Hadiri Pembukaan KTT ASEAN di Laos

id jokowi, pembukaan, KTT ASEAN, Laos

Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO)

Vientiane, (Antara Sumbar) - Presiden Joko Widodo menghadiri pembukaan KTT ASEAN dan KTT Terkait ASEAN Ke-28 dan Ke-29 di National Convention Center (NCC) Vientiane, Laos, Selasa.

Presiden Joko Widodo tiba di NCC, Selasa, sekitar pukul 12.30 waktu setempat dengan didampingi Ibu Negara Iriana Widodo.

Presiden dan Ibu Negara RI disambut Perdana Menteri Laos sekaligus Ketua ASEAN 2016 Thongloun Sisoulith dan Ibu Negara Naly Sisoulith di balairung NCC Vientiane untuk kemudian berfoto bersama.

Hadir sebelum Presiden Jokowi adalah Konselir Myanmar Aung San Sukyi dan setelah Presiden RI adalah Presiden Filipina Rodrigo Guterte.

Tampak hadir bersama Presiden Jokowi dalam pembukaan KTT ASEAN Laos adalah Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

KTT ASEAN dan Terkait ASEAN Ke-28 dan Ke-29 Akan berlangsung di Vientiane pada 6-8 September 2016.

Dalam acara pembukaan KTT, Presiden Jokowi dan sembilan pemimpin negara anggota ASEAN lainnya juga meresmikan peluncuran kampenye pariwisata "Visit ASEAN @50" dalam rangka memperingati 50 Tahun ASEAN pada 2017 nanti.

Usai acara pembukaan KTT pada pukul 15.30 waktu setempat, Presiden Jokowi akan menghadiri Sidang Plenari ASEAN, peluncuran Rencana Acuan Konektivitas ASEAN (MPAC) 2025, penandatanganan Deklarasi Satu ASEAN: Satu Respons untuk Situasi Bencana, dan penandatanganan Rencana Kerja Integrasi ASEAN.

Selanjutnya mulai pukul 16.30 waktu setempat, berturut-turut Presiden Jokowi akan menghadiri pertemuan tatap muka dengan Dewan Parlemen ASEAN, Dewan Pemuda ASEAN, dan Dewan Bisnis ASEAN.

Agenda Presiden Jokowi di hari pertama KTT ASEAN akan ditutup dengan menghadiri jamuan makan malam yang diselenggarakan Perdana Menteri Thongloun Sisoulith dan Nyonya Naly Sisoulith di Aula utama Hotel Dong Chan Vientiane. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar