Generasi Muda Mempunyai Peranan Penting Terhadap Lingkungan

id Gema Pelita, pelestarian, lingkungan

Padang, (Antara Sumbar) - Gerakan masyarakat peduli lingkungan dan pariwisata (Gema Pelita) Sumatera Barat (Sumbar), mengajak generasi muda menerapkan peranannya dalam menjaga kebersihan lingkungan.

"Peran pemuda dalam melestarikan lingkungan hidup sangat besar," kata Ketua Gema Pelita Sumbar, Syafriawati di Padang, Jumat.

Menurutnya pemuda merupakan generasi penerus yang kelak akan mewarisi bangsa ini, termasuk kekayaan alam dan lingkungan hidup di dalamnya.

"Namun hal tersebut masih belum tampak saat ini masih banyak bukti bahwa masih kurang bijaknya generasi muda dalam masalah melestarikan lingkungan," tambahnya.

Contoh kecilnya, sebutnya masih ditemukan pagar-pagar sekolah atau pagar bangunan lainnya yang menjadi bukti kurang bijaknya generasi muda. Mereka masih semena-mena mencoret-coret dan bahkan menuliskan kata-kata yang senonoh disana.

"Padahal itu perilaku yang mencerminkan merusak lingkungan," ujar dia.

Menjadi generasi muda yang bijak itu harus dimulai dari pribadi sendiri serta dukungan orangtua dan pemerintah dalam menjaga lingkungan hidup dengan baik hingga bisa bermanfaat untuk masa depan mereka nantinya, sebutnya.

Ia mengatakan banyak cara yang bisa ditempuh generasi muda dalam menjaga kebersihan lingkungan, salah satunya dengan melibatkan pemuda dalam kegiatan Bakti Sosial (Baksos) dari desa ke desa.

Dari situ generasi muda bisa mengetahui tata cara pelestarian serta manfaat dari lingkungan yang bersih.

"Seterusnya para generasi muda yang memiliki kepedulian akan kebersihan dan kelestarian lingkungan, selalu berusaha menjaga dan merawat lingkungan sekitarnya," lanjutnya. (*)