Kodim Tanah Datar Lestarikan Seni Budaya Tradisional

id Kodim, Lestarikan, Seni, Budaya, Tradisional

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0307 Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), menggelar lomba musik tradisional antar SLTA se-Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang Panjang untuk memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-71 di Komplek Benteng Van der Cappelen Batusangkar.

Lomba ini untuk memajukan seni budaya tradisional Minangkabau serta lebih mengenalkan kepada para siswa SLTA agar tidak lupa budaya bangsa yang luhur, kata Dandim Tanah Datar Letkol Arm Bagus Tri Kuntjoro pada acara pembukaan lomba di Batusangkar, Rabu.

Ia menyebutkan lomba musik tradisional ini sebagai salah satu bentuk pembinaan kepada siswa SLTA dalam membentengi diri dari pengaruh negatif lingkungan yang sekarang ini semakin merajalela seperti penyalahgunaan Narkoba, minuman keras, pergaulan bebas, perkelahian pelajar ataupun hal-hal negatif lainnya.

"Kami berupaya menumbuhkan rasa cinta tanah air serta rasa nasionalisme kepada generasi muda lewat lagu-lagu perjuangan yang harus dinyanyikan peserta lomba," ujarnya.

Pada kesempatan itu, juga ditampilkan 15 tim yang dilakoni para siswa SLTA memperagakan kebolehannya memainkan alat tradisional "Talempok Pacik".

"Kami harapkan generasi muda saat ini jangan melupakan kesenian tradisional Talempok Pacik yang nyaris hilang dalam kehidupan saat ini, untuk itu perlu dikembangkan kembali pada para siswa," sebutnya.

Ia mengatakan pemenang lomba musik tradisional ini akan mengikuti kegiatan yang sama di Korem 032/Wirabraja pada September 2016 di Padang.

Sementara itu, Kepala Dinas Budparpora Tanah Datar, Marwan menyebutkan alat musik Talempong Pacik yang diperankan para siswa tersebut mengiringi lirik-lirik lagu perjuangan, nasional dan daerah.

"Tahun depan kesenian ini ditampilkan sebagai hiburan untuk memeriahkan Peringatan Hari Kemerdekaan RI," lanjutnya. (*)