Gubernur Buka MTQ Ke-39 Kabupaten Tanah Datar

id MTQ, Sumbar, di, Tanah Datar

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno membuka secara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-39 tingkat Kabupaten Tanah Datar yang berlangsung pada 21 hingga 26 Agustus 2016 di Lapangan Pulai Nagari Sungayang, Senin.

Pembukaan MTQ yang dihadiri lebih dari seribu orang itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Sumbar bersama Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi didampingi anggota DPR RI, Ny Betty Shadiq Pasadigoe, Ketua DPRD Anton Yondra, dan Forkopida Tanah Datar.

Gubernur mengatakan ajang MTQ diharapkan dapat menjadi sarana dakwah yang efektif dalam mensyiarkan Al Quran dan menjalin tali silaturahim masyarakat, serta pendorong percepatan pembangunan di daerah.

"Ajang MTQ ini hendaknya dapat menjadi penyejuk dan perekat kebersamaan sekaligus forum silaturahim antar masyarakat," tambahnya.

Ia meminta seluruh kafilah yang ikut MTQ dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya karena akan mewakili daerahnya ke ajang MTQ tingkat provinsi.

"Tunjukkan penampilan terbaik dan tunjukan pula bahwa saudara merupakan utusan terbaik dan memiliki pemahaman yang kuat terhadap Al Qur an," jelasnya.

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi menyebutkan daerahnya sudah lima kali berturut-turut mempertahankan posisi Juara II di ajang MTQ Nasional Provinsi Sumbar.

"Hal ini tentu akan terus dilakukan pembinaan agar prestasi tersebut dapat dipertahankan dan telah menjadi tekad gelar juara umum yang selama ini dipegang Kota Padang akan pindah ke Luhak Nan Tuo," lanjutnya.

Untuk mewujudkan ini, Kabupaten Tanah Datar berkomitmen untuk memprioritaskannya karena tertuang di dalam visi misi pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat yang madani, berbudaya dan sejahtera berlandaskan ABS-SBK.

Untuk mewujudkan ini kami terus berupaya mendekatkan warga Tanah Datar dengan Al Quran telah dimulai dengan program dan pencanangan Kabupaten Tanah Datar menjadi Kabupaten Hafidz Al Quran, katanya.

Ia menambahkan pemerintah daerah telah komit untuk memberikan reward bagi hafidz Al Quran memilih sekolah lanjutan yang diinginkan termasuk diikutkan dalam studi koperatif internasional untuk siswa berprestasi yang sudah terselenggara selama sembilan tahun terakhir.

Ketua Panitia MTQ ke-39, Liza Martini mengimbau kepada seluruh masyarakat Tanah Datar turut meramaikan dan mensukseskan acara keagamaan ini dengan datang beramai-ramai menyaksikan anak-anak Tanah Datar berkompetisi dalam bidang baca, tulis dan seni serta pemahaman Al Quran sekaligus memberi dukungan kepada kafilah.

Kami inginkan MTQ berjalan meriah dan sukses, sukses pelaksanaan dan sukses melahirkan qori dan qoriah yang potensial yang akan mengharumkan nama Tanah Datar di ajang tingkat lebih tinggi, harap Camat Sungayang ini. (*)