Musliar Kasim Beri Kuliah Umum di ISI

id Musliar Kasim, Kuliah, Umum, ISI

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Institut Seni Indonesia Padang Panjang melaksanakan kuliah umum bersama mantan Wakil Menteri Pendidikan dan kebudayaan, Musliar Kasim di gedung Hoerijah Adam setempat.

Rektor ISI Padang Panjang Prof. Dr. Novesar jamarun pada acara pembukaan, di Padang Panjang, Kamis menyebutkan bahwa kegiatan itu adalah kuliah umum perdana bagi mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017.

Kami sangat bahagaia atas kesedian waktunya bapak Musliar Kasim untuk dapat hadir dan memberikan kuliah umum disela-sela kesibukannya, ujarnya.

Ia berharap dengan materi yang diberikan oleh Musliar kasim itu menjadi motofasi bagi segenap sivitas akademika ISI Padang Panjang.

Dalam kuliah umum yang dihadiri oleh seluruh Mahasiwa Baru ISI Padang Panjang tersebut, membahas tentang bagaimana membangun kompetensi masa depan melalui pendidikan.

Musliar Kasim dalam materinya menyebutkan bahwa untuk membangun kompetensi masa depan adalah pendidikan. Pendidikan tambahnya, merupakan pondasi untuk masa depan.

"Tujuan dari pendidikan adalah menyiapkan generasi muda agar terdidik untuk kehidupan masa depan mereka," jelasnya.

Ia juga menyebutkan bahwa Pendidikan adalah senjata yang paling ampuh untuk merobah dunia. Pentingnya pendidikan untuk masa depan anak muda dan bangsa imbuhnya, kerena melalui pendidikan bisa diperoleh kompetensi masa depan.

"Mereka akan menerima pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlukan dalam kehidupan," sebutnya.

Orang yang tidak berpendidikan katanya, akan sulit untuk bersaiang di masa depan karena masa depan sangat kompetitif.

Selain itu, Musliar juga menjelaskan untuk berkompetensi di masa depan dengan beberapa langkah yakni kemampuan komunikasi, kemampuan berpikir jernih dan kritis, kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan dan sebagainya. (*)