Wawako Apresiasi Inovasi Masyarakat Sambut HUT-RI 71

id Wawako Apresiasi Masyarakat

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Wali Kota (Wawako) Padang, Sumatera Barat, Emzalmi mengapresiasi beragam inovasi dan kegiatan masyarakat guna menyambut hari ulang tahun (hut) RI ke 71.

"Baik itu inovasi dari warga atau Aparatur Sipil Negara telah memperlihatkan kegembiraan menyambut perayaan kemerdekaan," kata Emzalmi, di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan beberapa inovasi seperti dari kecamatan Padang Selatan dengan pemberian hadiah dalam pelayanan kepada warga, membuktikan komitmen ASN untuk memberikan yang terbaik dalam berkinerja menyambut HUT RI.

Kemudian inisiatif dan ide pemuda seperti jalan santai, perlombaan di Kuranji juga perlu diapresiasi karena bisa menggerakkan peran masyarakat untuk menyambut perayaan kemerdekaan.

Kegiatan sosial dengan bergotong royong di Lubuk Begalung juga dinilai menjadi inisiatif warga untuk bersih dan tertib saat datang hari 17 Agustusan.

"Teladan dari pimpinan yang mewajibkan pemasangan bendera kemudian respon positif warga dengan meningkatnya yang memasang bendera juga patut diapresiasi," tambahnya.

Menurut dia inovasi dari masyarakat ini membuktikan adanya nasionalisme yang tinggi dari masyarakat terhadap negara.

Hal ini juga lanjutnya, menghapus stigma yang memandang warga tidak pro negara.

"Meskipun belum menyeluruh, itikad untuk bela negara menghadapi serangan dari luar telah terlihat," terangnya.

Akan tetapi dia mengingatkan kepada warga untuk tidak menimbulkan suatu gangguan kepentingan umum akibat perayaan Kemerdekaan tersebut.

Kegiatan seperti meminta sumbangan di jalan, atau lomba yang mengganggu fasilitas umum sebaiknya dihindari, sebutnya.

Sementara itu salah satu warga yang telah berusia lanjut Safruddin (78) meminta pemerintah lebih memperhatikan lagi keadaan para veteran pejuang.

Menurutnya perhatian ini diberikan tidak hanya saat hari kemerdekaan saja, namun juga ikut dilibatkan dalam beberapa kegiatan sosial kemasyarakatan.

Termasuk perhatian dalam bidang bantuan sosial, hal ini dapat mengapresiasi perjuangan para veteran saat ikut merebut kemerdekaan dahulu. (*)