DPR: 71 Tahun Merdeka Demokrasi Makin Kokoh

id HUT, RI, Demokrasi

Jakarta, (Antara Sumbar) - Ketua DPR RI Ade Komaruddin mengatakan Republik Indonesia setelah 71 tahun merdeka menunjukkan bangunan peradaban demokrasi bangsa berdiri semakin kokoh.

"Kita patut bangga Indonesia telah berjalan cukup jauh dan demokrasi hidup di tengah bangsa," kata Ade Komaruddin dalam pidatonya pada Sidang Bersama DPR dan DPD pada Peringatan Ulang Tahun ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Hadir pada Sidang Bersama DPR dan DPD RI, antara lain, Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, mantan Presiden BJ Habibie dan Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno dan Boediono, para menteri kabinet, serta anggota DPR RI dan DPD RI.

Menurut Ade Komaruddin, meskipun masih ada kelemahan-kelemahan, tapi saat ini bukan tempatnya mencari kesalahan.

"Kita jangan membiasakan diri untuk mempromosikan konflik," katanya.

Menurut Ade, bangsa Indonesia harus mencari persamaan, bukannya malah mempertajam perbedaan di antara kita.

Bangsa Indonesia, kata dia, harus berjalan bersama, bahu-membahu untuk saling membangun bangsa dan negara.

Ade menambahkan, masih banyak hal yang dapat ditingkatkan, baik oleh lembaga legislatif eksekutif, dan lembaga lainnya.

"Kemiskinan harus diberantas dan ketimpangan harus dikurangi, sedangkan pembangunan infrastrukur, peningkatan dunia pendidikan dan

semacamnya harus terus digalakkan," katanya.

Menurut Ade, dalam konteks tersebut bangsa Indonesia harus memberikan apresiasi kepada Presiden dan Wakil Presiden, beserta jajaran kabinet atas usaha dan kerja keras yang telah dilakukan.

Kekurangan yang ada, kata dia, harus diperbaiki dengan bekerja bersama beserta partisipasi dan doa seluruh rakyat Indonesia, agar Pemerintah yang ada dapat memajukan Indonesia menjadi negeri yang semakin membanggakan. (*)