Gubernur Kukuhkan Paskibra Sumbar

id Paskibra, Sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengukuhkan 54 anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra) tahun 2016 yang terpilih dari 19 kabupaten/kota.

"Bangsa sangat membutuhkan generasi muda untuk meneruskan kehidupan bangsa, baik atau buruknya negara ini pada masa mendatang, akan ditentukan dengan bagaimana kita mendidik anak bangsa ini," katanya di Padang, Senin.

Ia menyebutkan tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk menjadi paskibra, namun semua yang telah terpilih jangan sampai tinggi hati dan menyebabkan kesombongan.

Menjelang Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, kata dia, masih ada waktu untuk lebih mempersiapkan diri, baik itu fisik maupun mental.

"Adik-adik akan dilihat ribuan pasang mata saat upacara kemerdekaan, untuk itu bukan cuma fisik yang harus dipersiapkan, namun juga mental, agar nanti tidak gugup saat upacara," tambahnya.

Lebih lanjut Irwan menyampaikan generasi muda harus lebih bersemangat dan membulatkan tekad untuk meneruskan cita-cita bangsa dan menjadikan Indonesia lebih jaya.

Sementara itu, anggota paskibra yang akan membawa bendera, Rahmi Safitri mengatakan tidak mudah untuk sampai ke tingkat provinsi, karena yang ikut seleksi sangat banyak dan berbakat.

"Dengan dikukuhkannya anggota paskibra ini, saya dan teman-teman berharap akan memberikan yang terbaik saat upacara kemerdekaan nanti," kata gadis asal Payakumbuh tersebut.

Ia menyebutkan, ketika terpilih menjadi anggota paskibra tingkat provinsi rasa percaya diri dan nasionalismenya ikut meningkat.

"Kepercayaan diri dan nasionalisme itu perlu, namun harus dijaga agar tidak menjadi sombong dan angkuh," katanya. (*)