Wawako: Jambore Nasional Momentum Promosi Kota Pariaman

id Genius Umar

Wawako: Jambore Nasional Momentum Promosi Kota Pariaman

Pariaman, (Antara Sumbar) - Wakil Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar mengatakan kegiatan Jambore Nasoinal (Jamnas) ke-X yang dilaksanakan pada 14 hingga 21 Agustus 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, momentum daerah itu untuk mempromosikan potensi daerah ke tingkat nasional.

"Kegiatan jambore nasional tersebut diikuti seluruh kontingan se-Indonesia, oleh sebab itu setiap daerah yang mengikuti harus bisa mencuri kesempatan untuk mempromosikan kekayaan potensi yang dimiliki secara bersamaan," kata dia di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan berbagai promosi yang dapat dilakukan oleh para kontingen seperti pengenalan potensi wisata bahari, kuliner khas daerah, dan sejumlah nilai sejarah yang masih melekat di kota berjuluk Tabuik tersebut.

Sebanyak 32 kontingen atau perwakilan kota itu diharapkan dapat saling berinteraksi dan berkomunikasi secara baik dengan seluruh kontingen perwakilan 34 provinsi yang mengikuti.

"Total terdapat 25.000 penggalang dari 34 provinsi, 2.500 pendamping dan 2.500 panitia serta 225 peserta dari luar negeri hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh perwakilan putra dan putri Pariaman untuk mempromosikan daerah, belajar, dan saling berbagi informasi," jelasnya.

Terkait kegiatan tersebut Genius Umar mengatakan di tengah era digital, semangat gerakan pramuka mutlak harus dilakukan sehingga relevan dengan generasi saat ini dan menjadi suatu kebanggaan bagi generasi muda.

Oleh karena itu, Genius berharap kegiatan Jamnas ke-X tersebut dapat diikuti oleh seluruh kontingen dengan baik dan memahami nilai-nilai pramuka yang diajarkan.

Sebelumnya pada Minggu (14/8) Presiden Joko Widodo secara resmi membuka kegiatan Jamnas ke X dibumi perkemahan Cibubur Jakarta Timur, yang diselenggarakan bersamaan dengan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) pramuka yang ke-55.

Dalam sambutannya Presiden menyampaikan pesan kepada seluruh peserta Jamnas agar menjaga kekompakkan, persaudaraan, dan menjadi panutan bagi rekan yang lain.

"Jaga selalu kekompakkan dalam ajang pertemuan pramuka penggalang seluruh Indonesia ini, dan jadikan perbedaan sebagai pemersatu bangsa dalam wadah NKRI, dan mari tunjukkan dengan penuh keyakinan bahwa gerakan pramuka adalah gerakan kepanduan terbaik di dunia," ujarnya. (*)