Pedagang Pasar Alai Padang Kembali Berjualan Pascakebakaran

id Pedagang Pasar Alai Padang

Padang, (Antara Sumbar) - Para pedagang di Pasar Alai, Kota Padang, Sumatera Barat, siang ini mulai melakukan aktivitas berjualan setelah membersihkan kios mereka dari abu kebakaran yang melanda pasar tradisional tersebut, Kamis dinihari sekitar pukul 04.45 Wib.

Walaupun bau asap masih menyengat, namun karena semua sudah dibereskan, maka kami kembali berjualan seperti biasa, kata seorang pedagang, Nimar (55) di Pasar Alai Padang, Kamis.

Ia menjelaskan para pedagang dan petugas Dinas Pasar Padang bahu membahu melakukan gotong-royong bersama untuk membersihkan pasar dari puing, abu serta sisa air pemadam kebakaran.

Beberapa pedagang mengaku masih trauma atas kejadian tersebut sehingga belum membuka dagangannya untuk beberapa hari ke depan.

Sampai sekarang tangan saya masih gemetar melihat situasi kedai, saya juga kasihan dengan pemilik di sebelah, beliau pingsan mendengar kabar ini, kata pedagang lain yang enggan disebut namanya.

Ia mengatakan ketika datang dari rumah untuk berjualan pada pukul 06.30 Wib tadi pagi, ternyata api sudah padam dan kedainya yang terbakar diberi garis polisi.

Hidup kami bergantung di pasar ini, makanya kami sangat terkejut atas kejadian ini,,untungnya orang sekitar cepat tahu dan segera menghubungi pemadam kebakaran, kalau tidak mungkin kerugian akan lebih dari ini, katanya.

Ia mengatakan pihak berwenang belum memberi tahu penyebab pasti dari kebakaran tersebut.

Katanya nanti akan didatangkan tim dari Medan untuk menyelidiki, karena itu dipasang garis polisi dan kami tidak boleh masuk, tambahnya.

Sebelumnya Kepala Pelaksana BPBD Damkar Padang, Rudy Rinaldi menyebutkan sebanyak lima armada damkar diturunkan untuk memadamkan api yang membakar sembilan petak kios di Pasar Alai tersebut.

Tim pemadam berhasil memadamkan api setengah jam kemudian. Kerugian sementara ditaksir sekitar Rp800 juta, dugaan sementara api berasal dari arus pendek. (*)