Bupati Upayakan Tds 2017 Melewati Kawasan Mandeh

id Bupati

Painan, (Antara Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengupayakan Tour de Singkarak (TdS) 2017 di Sumatera Barat (Sumbar) melewati Kawasan Mandeh guna lebih memopulerkan kawasan itu ke seantero dunia.

"Sesuai rencana jalan di sana selesai pada 2017 kalau memungkinkan kami mengupayakan lintasan TdS 2017 melewati kawasan tersebut," kata dia usai membuka Start TdS etape V 2016 di Pantai Carocok Painan, Rabu.

Ia meyakini apabila lintasan TdS melewati Kawasan Mandeh tidak hanya para atlet yang terpesona namun juga masyarakat dunia yang menyaksikannya melalui lensa jurnalis yang meliput kegiatan.

Keindahan kawasan Mandeh merupakan anugerah bagi masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan guna menjaga dan melestarikannya, kata dia.

"Menjaga dan melestarikan kawasan itu dalam artian masyarakat mesti memberikan dukungan terhadap program pemerintah yang diarahkan ke kawasan itu," ujar Hendrajoni.

Pada TdS 2016 Pemkab Pesisir Selatan dipercaya menjadi tuan rumah etape V yang menghubungkan Pantai Carocok ke pantai Gandoria Kota Pariaman.

Etape V memiliki jarak 152,6 kilometer, sebelum memulai titik nol kilometer para pembalap terlebih dahulu mengitari Kota Painan dengan rute Simpang UHA - Bundaran Bukit Putus Painan - Simpang Tiga Rumah Dinas Bupati - Simpang Bundaran Dinas Pendidikan - Kantor Bupati - Simpang Tiga BKN setelah itu langsung menuju Pantai Gandoria, Kota Pariaman.

Guna menyukseskan event internasional tersebut, pemkab setempat mengerahkan sebanyak 462 personel pengamanan yang terdiri dari Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Tidak saja itu, pemkab juga akan mengerahkan sebanyak 95 orang tenaga kesehatan.

Mereka ditugaskan selama pelaksanaan TdS di pos dan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang ada di sepanjang rute TdS di kabupaten itu. (*)