Wawako Bukittinggi: Tingkatkan Publikasi untuk Meriahkan TdS

id TdS, Bukittinggi, Publikasi

Wawako Bukittinggi: Tingkatkan Publikasi untuk Meriahkan TdS

Sejumlah pebalap sepeda beradu kecepatan pada etape kedua Tour de Singkarak 2016 di Kelok Sembilan, Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Minggu (7/8). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), mengharapkan media massa setempat agar membantu meningkatkan publikasi terkait pelaksanaan ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2016.

"Melalui media cetak maupun elektronik, kami mengharapkan pemberitaan TdS 2016 yang dilakukan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menonton dan memeriahkan acara tersebut," kata Wakil Wali Kota setempat Irwandi di Bukittinggi, Senin.

Menurutnya TdS merupakan ajang promosi pariwisata yang luar biasa sehingga harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

"Melalui pemberitaan yang dilakukan, dapat merangsang minat masyarakat untuk memeriahkan acara tersebut sehingga meningkatkan jumlah penonton yang menyaksikan TdS," lanjutnya.

Ia menyebutkan berdasarkan informasi yang ia peroleh, TdS di Sumbar baru disaksikan oleh sekitar 550.000 orang, berbeda jauh bila dibandingkan dengan penonton Tour de France yang mencapai 11 juta penonton.

Irwandi menambahkan pihaknya tidak memungkiri bahwa acara tahunan tersebut juga membawa sisi negatif bagi masyarakat terutama saat penutupan jalan saat berlangsungnya balapan.

"Namun, sisi negatif tersebut hendaknya dijadikan bahan perbaikan untuk gelaran tahun selanjutnya. TdS sendiri membawa dampak positif yang besar meski tidak semua dapat dirasakan dengan segera," ujarnya.

Ia mencontohkan salah satu keuntungan dari ajang tersebut yakni meningkatnya hunian hotel yang kemudian akan meningkatkan kebutuhan belanja hotel untuk penyediaan makanan bagi para tamu. Hal tersebut sudah menjadi keuntungan di bidang ekonomi masyarakat.

Melalui kerja sama dan persiapan yang dilakukan dengan berbagai pihak, ia mengharapkan tidak ada gangguan yang terjadi pada saat ajang tersebut berlangsung terutama di daerah itu.

Sebelumnya, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bukittinggi, AKP Aris Cai Dwi Susanto mengatakan pihaknya siap mengamankan pelaksanaan TdS etape delapan di Kota Bukittinggi pada 14 Agustus 2016.

"Pada H-2 kami akan menggelar gladi pasukan yang dilibatkan dalam pengamanan TdS tersebut, sementara jalan akan ditutup satu jam sebelum lomba dimulai," katanya.

Ia mengimbau warga setempat agar turut menjaga kelancaran dan kemeriahan lomba balap sepeda tersebut di antaranya dengan menonton tanpa melewati pembatas atau memasuki badan jalan dan dengan menjaga atau mengikat hewan ternak agar tidak melintas di jalan yang dilalui. (*)