Jabar Optimalkan Gerakan Ibu Bercerita Kepada Anak

id Jabar Gerakan Ibu

Bandung, (Antara Sumbar) - Tim Penggerak PKK dan Badan Perpustakaan dan Kearsipan (Bapusipda) Provinsi Jawa Barat mengoptimalkan Gerakan Ibu Bercerita Pada Anak atau mendongeng sebagai upaya lain untuk mendidik anak.

"Bercerita atau mendongeng merupakan salah satu metode untuk mendidik anak karena dengan mendongeng ada banyak hal yang dapat disampaikan berupa harapan dan motivasi untuk anak-anak," kata Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan, dalam siaran persnya, Minggu.

Ia mengatakan nasihat atau sebuah ajaran yang disampaikan kepada anak dari orang tua juga akan lebih efektif jika disampaikan lewat metode mendongeng.

"Jadi daripada kita marah-marah atau ceramah berkepanjangan, lebih baik kita kemas dalam bentuk cerita sehingga dapat meningkatkan hubungan orang tua khususnya ibu dengan anak," ujar Netty.

Upaya optimalisasi Gerakan Ibu Bercerita Kepada Anak tersebut, yakni dengan mendukung acara Dongeng Hutan ke 4 Tahun 2016 di Taman Hutan Raya Jalan Ir. H Juanda Kabupaten Bandung, beberapa waktu lalu.

"Alhamdulillah saya buktikan sendiri kepada anak-anak di rumah setiap kali mereka menjelang tidur. Dongeng itulah yang membangun kepribadian dan karakter anak," kata dia.

Dongeng Hutan 4 Tahun 2016 merupakan agenda tahunan yang digagas oleh Komunitas Organik Indonesia Bandung dengan tema Menikmati Hutan.

Dengan menikmati hutan dan sekitar, para pengunjung juga disuguhi stand kuliner yang berbahan organik seperti balsem, minuman dan makanan.

Menurut dia, sebetulnya mendongeng bukan hal baru di beberapa negara bahkan di Jepang, Ibu wajib mendongeng 10 hingga 20 menit saat anak menjelang tidur.

Ia juga berpesan untuk bersama menjaga kelestarian hutan dan lingkungan kita dengan menjaga kebersihan dan keindahan.

"Mengingat hutan kita mulai terancam karena saat ini banyak orang yang mempunyai kepentingan yang berbeda atas hutan seperti menjadi lahan bisnis," ujarnya. (*)